kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

KEIN: Ekonomi global yang baik saat ini jadi momentum buat Indonesia


Rabu, 17 Januari 2018 / 16:33 WIB

KEIN: Ekonomi global yang baik saat ini jadi momentum buat Indonesia
ILUSTRASI. Soetrisno Bachir Diperiksa KPK

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4%. Target ini terbilang optimistis dibanding pencapaian pertumbuhan ekonomi 2017 yang diperkirakan hanya 5,05%.

Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, ekonomi global yang saat ini membaik merupakan sebuah momentum bagi Indonesia.


Momentum ini perlu dimanfaatkan dengan melakukan lebih banyak ekspor dan lebih banyak mengajak investasi masuk ke Tanah Air agar ekonomi tahun ini dapat tumbuh sesuai target pemerintah.

“Tahun ini peluang itu semakin terbuka dengan kenaikan batubara yang signifikan harga komoditas lain juga meningkat. Itu momentum,” kata Sutrisno di Jakarta, Rabu (17/1)

Oleh karena itu, harapan KEIN, kebijakan pemerintah harus bisa mengatasi hambatan dalam hal ekspor dan investasi. Menurut Sutrisno, yang paling penting adalah kebijakan pemerintah lebih merata implementasinya agar menambah kepastian di dunia usaha.

“Bukan hanya pusat, melainkan daerah dengan satgas agar hambatan itu bisa diatasi. Sekarang kadang tidak sinkron pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Bila kebijakan pemerintah pro-bisnis dan bisa membuat dunia usaha optimistis, pertumbuhan ekonomi tahun ini sesuai dengan target pemerintah.


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×