kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

KEIN yakin ekonomi bisa tumbuh 5,2% di kuartal 3


Selasa, 19 September 2017 / 22:26 WIB

KEIN yakin ekonomi bisa tumbuh 5,2% di kuartal 3

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta optimistis soal pertumbuhan kuartal III tahun ini. Ia mengatakan, Indonesia mampu capai pertumbuhan 5,2% dalam kuartal yang berakhir September nanti ini.

KEIN menyoroti, konsumsi pemerintah yang akan mendorong pertumbuhan di kuartal ini. "Kalau investasi bagus dengan perbaikan dalam waktu singkat dan konsumsi di angka 5%, lalu neraca surplus dan konsumsi bagus, saya yakin bisa tercapai," ujar Arif di Jakarta pada Selasa (19/9).

Arif mengatakan, selain konsumsi pemerintah yang harus diawasi, investasi dan ekspor pun harus diperhatikan. Ketiga hal ini, menurut Wakil Ketua KEIN, dapat membuat pertumbuhan ekonomi bisa mencapai angka 5,2% hingga akhir tahun ini.


Selama tim ekonomi presiden bekerja detail dan presisi dengan kebijakan ekonomi yang diambil, menurutnya, target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai.

"Pemerintah harus ciptakan stimulus positif pula ke dunia usaha sehingga iklim dalam negeri menguat dan dunia usaha berkembang," kata Arif.

Berbeda dengan KEIN, ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri justru pesimis dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal III tahun ini. Menurutnya, pertumbuhan kuartal ini justru bisa di bawah angka 5%.

"Tidak mungkin 5,2%, pasti 5%. Malah kemungkinan di bawah itu," kata Faisal. Ditanya lebih lanjut terkait alasannya, Faisal enggan menjelaskannya.


Reporter: Choirun Nisa
Editor: Dessy Rosalina

Video Pilihan


Close [X]
×