kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,45   -20,04   -2.17%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebijakan Mudik Lebaran 2022, Ini Jawaban Satgas Covid-19


Kamis, 17 Maret 2022 / 13:22 WIB
Kebijakan Mudik Lebaran 2022, Ini Jawaban Satgas Covid-19
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua tahun sebelumnya Lebaran diwarnai dengan pengetatan dan larangan mudik. Larangan mudik diterapkan mulai 6-17 Mei 2021 guna mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah memberikan kebijakan pelonggaran aturan perjalanan.

Kebijakan ini layaknya angin segar bagi masyarakat yang menginginkan mudik karena diberlakukannya kebijakan ini berdekatan dengan momentum puasa dan hari raya. Lalu bagaimana dengan kebijakan mudik 2022?

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, saat ini belum ada kebijakan dari pemerintah mengenai larangan maupun memperbolehkan masyarakat dalam melaksanakan mudik Lebaran.

“Pemerintah sedang mengkaji hal tersebut dengan memastikan bahwa penularan Covid bisa dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan booster yang makin tinggi dan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin oleh masyarakat.” ucap Wiku pada Kontan.co.id pada Kamis (17/3)

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 16 Maret: Tambah 13.018 Kasus Baru, Meninggal 230

Selanjutnya saat ini pemerintah sedang mengupayakan kasus harian, keterisian Tempat Tidur (BOR) rumah sakit dan kematian dapat ditekan dan bisa konsisten rendah. “Ini modal kita bersama untuk menghadapi Lebaran yang aman Covid-19,” tambah Wiku

Jadi artinya saat ini belum ada keputusan dilarang atau diperbolehkanya mudik. Namun dia berharap dengan adanya pelonggaran aturan perjalanan masyarakat tetap tidak abai dengan protokol kesehatan agar kasus Covid-19 di Indonesia dapat ditekan.

“Apapun kebijakan yang diterapkan nantinya, masyarakat diharapkan dapat bekerja sama untuk mematuhi aturan yang ada” tutup Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×