kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KBRI Suva fasilitasi kepulangan ABK WNI di kapal Rong Da yang ada di Fiji


Jumat, 07 Agustus 2020 / 15:22 WIB
KBRI Suva fasilitasi kepulangan ABK WNI di kapal Rong Da yang ada di Fiji
ILUSTRASI. Warga Negara Indonesia (WNI). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KBRI Suva, Fiji berkoordinasi dengan pihak agensi dalam menangani enam anak buah kapal ( ABK) Indonesia yang bekerja di Kapal Rong Da Yang di Fiji. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu Judha Nugraha mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan pemulangan para ABK yang tidak ingin bekerja lagi di kapal tersebut. 

“Sedang berupaya agar para ABK kita dapat turun di Fiji, terutama pekerja ABK kita yang tidak ingin melanjutkan bekerja di kapal tersebut untuk dapat turun ke Fiji dan kemudian kita fasilitasi kepulangannya ke Indonesia,” kata Judha melalui video telekonferensi, Jumat (7/8/2020).

Kepulangan para ABK tersebut nantinya tergantung ketersediaan penerbangan serta mengikuti prokotol kesehatan. Saat ini, kata Judha, pemerintah setempat menerapkan larangan bagi para ABK di Fiji untuk turun dari kapal. 

Baca Juga: Kemenko Kemaritiman dorong integrasi data ABK Indonesia yang bekerja di kapal asing

Langkah tersebut merupakan kebijakan untuk mencegah penularan Covid-19. Selain permasalahan lockdown, Judha mengatakan, keenam ABK WNI di kapal tersebut juga mengalami masalah dalam hal pembayaran gaji. “Dengan permasalahan antara lain, permasalahan gaji, uang saku, dan juga kondisi lockdown yang saat diterapkan oleh Pemerintah Fiji,” ujar dia. 

Judha mengatakan, pihak manning agensi atau agen awak kapal mengaku telah menyampaikan komitmennya untuk menuntaskan persoalan upah para ABK. “Terkait permasalahan gaji, KBRI Suva dan agensi yang ada di Suva serta manning agency yang ada di Indonesia telah menyampaikan komitmennya untuk memberikan pemenuhan kebutuhan para ABK kita,” ucap Judha.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KBRI Suva Berupaya Fasilitasi Kepulangan ABK WNI di Kapal Rong Da Yang di Fiji"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×