kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kata Menkes menanggapi kedatangan 150 turis asal China di tengah isu virus corona


Selasa, 28 Januari 2020 / 11:59 WIB
Kata Menkes menanggapi kedatangan 150 turis asal China di tengah isu virus corona
ILUSTRASI. JAKARTA,23/01-DATANGI KANTOR HUAWEI. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi kantor Huawei di Wisma BRI 2, Jakarta, Kamis (23/01). Menkes Terawan menegaskan tidak ada virus corona seperti info yang beredar sebelumnya. . BRI menyatakan telah mel

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, tidak semua yang datang dari China pasti membawa virus corona. Meskipun virus itu pertama kali menyebar di Wuhan, China, belum tentu semua penduduk di kota atau negara tersebut terpapar virus.

Pernyataan Terawan ini menanggapi kedatangan 150 turis asal Kota Kunming, China, yang pada Minggu (26/1) mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat.

"Bahwa kita ingat tidak semua yang datang itu pasti suatu penyakit, tidak," kata Terawan di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (28/1).

Baca Juga: Pembatasan perjalanan ke China membuat harga minyak mentah terus tersungkur

Terawan mengatakan, menanggapi kekhawatiran masyarakat atas kedatangan 150 turis asal China ini, dua orang stafnya telah melakukan pengecekan langsung ke Sumatra Barat.

Oleh Kemenkes, masyarakat diminta untuk tetap tenang karena turis-turis tersebut belum tentu membawa virus corona. Di samping itu, Kemenkes juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat pada seluruh turis ini.

"Kementerian kesehatan datang untuk mengecek kembali, mensupport bagaimana pintu-pintu gerbang itu dijaga betul-betul dengan baik," ujar Terawan.

Lebih lanjut, Terawan meminta masyarakat untuk melihat secara rasional persoalan virus corona ini. "Saya kira perlu kita bersama-sama melihat secara rasional apa yang harus dilakukan," katanya.

Baca Juga: Saat heboh virus, mobil corona satu ini dijual mulai Rp 30 jutaan

Sebelumnya, sebanyak 150 wisatawan asal Kota Kunming, Provinsi Yunnan, China, mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Minggu (26/1).

Para wisatawan itu tiba dengan pesawat Citilink yang dicarter sekitar 06.24 WIB.  Kedatangan turis-turis tersebut mendapat penyambutan dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Penyambutan dilakukan Irwan setelah 150 turis itu melewati pemeriksaan suhu tubuh.

"Kami ucapkan selamat datang di Sumatera Barat. Selamat menikmati pesona alam, semoga anda senang dan terhibur selama berada disini," kata Irwan Prayitno, Minggu.

Baca Juga: Inilah daftar terbaru 16 negara yang terinfeksi virus corona

Namun demikian, belakangan kedatangan 150 turis ini mendapat penolakan dari masyarakat Sumbar. Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) pada Senin (27/1/2020) bahkan mendatangi DPRD Sumbar menyampaikan aspirasi menolak turis China masuk ke Sumbar.

FMM meminta semua wisatawan asal China tersebut harus keluar dari Sumbar dalam waktu 2 x 24 jam terhitung dari waktu yang ditentukan. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "150 Turis China Datang ke Sumbar, Ini Respons Menkes",




TERBARU

Close [X]
×