kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kantongi Penambahan Anggaran Rp 300 Miliar untuk 2023, Ini Rencana Kemenperin


Kamis, 22 September 2022 / 15:27 WIB
Kantongi Penambahan Anggaran Rp 300 Miliar untuk 2023, Ini Rencana Kemenperin
ILUSTRASI. Komisi VII DPR RI menyetujui penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) Tahun 2023.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi VII DPR RI menyetujui penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) Tahun 2023. Dengan demikian, pagu anggaran Kemenperin yang disampaikan dalam nota keuangan yang semula sebesar Rp2.917.008.351 meningkat menjadi Rp3.217.008.351.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Komisi VII DPR RI atas persetujuan terhadap penyesuaian anggaran Kemenperin Tahun 2023,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan Rapat Kerja tentang Penyesuaian RKA-KL Tahun Anggaran 2023 sesuai Hasil Pembahasan Badan Anggaran pada Selasa (20/9).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, penambahan sebesar Rp300 miliar dalam anggaran 2023 Kemenperin merupakan hasil rapat Badan Anggaran yang dialokasikan untuk Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka.

Baca Juga: Kemenperin Dorong Ekspor Produk Bahan Alami ke Eropa

“Penambahan anggaran tersebut memungkinkan Kemenperin mengoptimalkan program penumbuhan dan pengembangan Wirausaha Baru (WUB) yang bertujuan untuk meningkatkan populasi industri kecil dan menengah (IKM). Ini menjadi bagian yang tidak terlepaskan untuk industri manufaktur melalui IKM yang kita harapkan semakin tumbuh dan naik kelas," kata Agus, dalam keterangan resminya, kemarin.

Program prioritas yang juga dijalankan pada 2023 adalah Pelatihan Vokasi Industri Sistem 3 in 1 untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten melalui skilling, upskilling, dan reskilling yang meliputi komponen inti rekrutmen peserta, pelatihan dan sertifikasi kompetensi, hingga penempatan kerja di industri.

Pada 2023, lanjut dia, target SDM industri yang dihasilkan dari kegiatan ini sebesar 26.500 orang. Kegiatan diklat 3 in 1 diutamakan untuk pekerja yang terdampak pandemi Covid-19, penyiapan SDM untuk industri berkelanjutan dan digital, serta dukungan SDM untuk program substitusi impor dan industri halal.

Kemenperin juga terus mengawal pelaksanaan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk memaksimalkan peluang terserapnya produk dalam negeri melalui belanja pemerintah pusat dan daerah. Di tahun 2023 nanti, anggaran bagi Program P3DN di Kemenperin sebesar Rp40 miliar.

“Kemenperin menargetkan pemberian 2.000 sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk dalam negeri. Dengan sertifikat TKDN, produk dalam negeri akan lebih banyak terserap melalui pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pengguna produk yang anggarannya bersumber dari APBN, APBD, pinjaman, hibah, pola kerja sama dengan pemerintah, dan yang mengusahakan sumber daya yang dikuasai negara wajib menggunakan produk dalam negeri," jelasnya.

Baca Juga: Komisi VII DPR RI Setujui Penambahan Anggaran Kemenperin Tahun 2023

Selanjutnya, kegiatan prioritas yang juga akan dilaksanakan di tahun depan adalah partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023. Kegiatan ini merupakan upaya national branding atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×