kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45870,33   -15,85   -1.79%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jurus Jitu Pemerintah Jaga Pasokan dan Harga Pangan Jelang Lebaran


Rabu, 20 Maret 2024 / 14:17 WIB
Jurus Jitu Pemerintah Jaga Pasokan dan Harga Pangan Jelang Lebaran
Direksi?ID FOOD dan Perum BULOG dalam pemaparan kesiapan BUMN dalam ketersediaan pangan di bulan Ramadan.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BUMN Pangan melalui Holding BUMN Pangan ID FOOD (PT Rajawali Nusantara Indonesia dan Perum Bulog) menjalankan sejumlah langkah untuk menjaga pasokan dan harga pangan. 

Langkah yang dilakukan ID FOOD di antaranya melalui peningkatan pendistribusian stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) serta pelaksanaan Pasar Murah di berbagai provinsi, sedangkan Bulog juga menjaga ketersediaan stok beras yang cukup hingga Idul Fitri.

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan di tengah momentum Ramadan dan Idul Fitri ini ID FOOD mendorong optimalisasi stok CPP yang dimiliki, khususnya komoditas gula, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan minyak goreng.

"Kita fokus meningkatkan pendistribusian 5 komoditas pangan strategis tersebut ke berbagai wilayah melalui anak perusahaan dan kantor cabang distribusi yang tersebar di seluruh provinsi," kata Frans Dalam Konferensi Pers “Peran BUMN dalam Ketersediaan Pangan di Bulan Ramadhan” yang berlangsung di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta , Rabu (20/3).

Baca Juga: ID Food Pastikan Pasokan Daging Sapi Untuk Lebaran Cukup

Adapun untuk komoditas gula konsumsi, ID FOOD melakukan upaya stabilisasi pasokan dan harga melalui produksi sendiri dan pengadaan luar negeri di mana saat ini terdapat stok 67,5 ribu ton.

Adapun untuk komoditas daging sapi, ID FOOD melalui PT Berdikari menyiapkan paket daging sapi berbagai varian yang dapat diakses secara luring maupun daring melalui Gerai Daging Berdikari. 

"Khusus di bulan Ramadan dan jelang Lebaran, Berdikari menyediakan paket daging sapi dalam bentuk parting (bagian-bagian tertentu) dengan harga terjangkau," ungkapnya.

ID FOOD juga menjaga stok daging sapi untuk tahun 2024, melalui pengadaan daging beku dan sapi bakalan dari luar.

“Upaya ini agar masyarakat bisa punya banyak pilihan dari sisi varian dan harga. Kita tahu daging sapi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak dicari jelang Idul Fitri,” jelasnya.

Lebih lanjut guna menjaga stabilitas harga dan membantu akses masyarakat terhadap kebutuhan pangan yang terjangkau dan berkualitas, ID FOOD meningkatkan pelaksanaan pasar murah jelang HBKN Idul Fitri melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diinisiasi Bapanas.

Baca Juga: Perikanan Indonesia Siap Penuhi Ketersediaan Ikan Jelang Lebaran 2024

"Kita terus tingkatkan partisipasi ID FOOD dalam pasar murah. Selama periode Maret-April ini ID FOOD akan berpartisipasi di 100 titik pelaksanaan Gerakan Pangan Murah," ujarnya.

Menurut Frans, pada 2024 sampai dengan 18 Maret ini ID FOOD telah hadir di 125 titik lokasi GPM di 30 provinsi.

"Pada kegiatan tersebut kita menyediakan sejumlah komoditas pangan, diantaranya gula konsumsi, minyak goreng, beras, tepung terigu, garam,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×