kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,01   -7,82   -0.91%
  • EMAS922.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi sampaikan terima kasih kepada MPR, DPR, dan DPD dalam penanganan Covid-19


Jumat, 14 Agustus 2020 / 10:37 WIB
Jokowi sampaikan terima kasih kepada MPR, DPR, dan DPD dalam penanganan Covid-19
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR, Jumat (14/8)

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas dukungan lembaga negara dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Hal itu ia sampaikan dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR tahun 2020. Di tengah pandemi Covid-19, Jokowi bilang perlu langkah luar biasa dalam menangani krisis.

"Kita beruntung dan berterima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari Pimpinan dan Anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extraordinary," ujar Jokowi dalam sidang tahunan, Jumat (14/8).

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Covid-19 momentum untuk mereformasi sektor kesehatan

Ucapan terima kasih disampaikan Jokowi kepada MPR. MPR dinilai telah dengan cepat membuat payung program baru "MPR Peduli Covid-19" serta terus melakukan sosialisasi dan aktualisasi Pancasila serta pengkajian sistem ketatanegaraan dan konstitusi kita.

Selain itu, kerja cepat juga dilakukan DPR di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah mengesahkan aturan Undang Undang yang mendukung kerja penanganan Covid-19.

"Perppu Nomor 1 Tahun 2020 menjadi Undang-Undang untuk memberikan payung hukum dalam mengatasi krisis kesehatan dan perekonomian; Perppu Nomor 2 Tahun 2020 menjadi Undang-Undang untuk melandasi penundaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah," terang Jokowi.

Baca Juga: Sidang tahunan, Puan Maharani ingatkan soal politik pembangunan

Selain itu, agenda pembahasan UU lain pun tidak mengalami hambatan. Sejumlah UU berhasil disahkan DPR di tengah pandemi seperti RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara serta RUU Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

Di depan Ketua MPR, DPR, dan DPD, Jokowi juga memuji langkah DPD dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Jokowi bilang DPD merespon dengan pemberdayaan ekonomi rakyat melalui BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan dengan menyiapkan 9 RUU usul inisiatif DPD.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×