kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi akan resmikan Bendungan Tapin di Kalimatan Selatan


Kamis, 18 Februari 2021 / 08:56 WIB
Jokowi akan resmikan Bendungan Tapin di Kalimatan Selatan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Kalimantan Selatan.

Kamis (18/2), Jokowi pun bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 7.30 WIB. Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapin dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Kepala Negara Republik Indonesia itu direncanakan akan melakukan peninjauan relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan tersebut. Selepas rangkaian acara, Jokowi akan langsung kembali menuju Jakarta.

Turut serta dalam keberangkatan Presiden menuju Provinsi Kalimantan Selatan di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca Juga: Presiden Jokowi apresiasi implementasi e-court dan e-litigation

Sebagai informasi, Bendungan Tapin dibangun dengan tipe timbunan batu zonal inti tegak dan memiliki kapasitas tampung 70,52 m³. Progres pembangunannya hingga 31 Januari 2020 mencapai 95%.

Dengan selesainya pembangunan bendungan ini,  akan berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin hingga 5.472 hektare (ha).

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia bilang pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilakukan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. Kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal. 

Selanjutnya: Jokowi tinjau vaksinasi di Pasar Tanah Abang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×