kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika Deflasi Terjadi Lebih dari 2 Bulan Beruntun, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Terpangkas


Selasa, 02 Juli 2024 / 18:10 WIB
Jika Deflasi Terjadi Lebih dari 2 Bulan Beruntun, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Terpangkas
ILUSTRASI. Pedagang menyortir cabai di Pasar Senen, Jakarta, Senin (10/6/2024). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, terjadi deflasi selama dua bulan beruntun yakni pada bulan Mei dan Juni 2024.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, terjadi deflasi selama dua bulan beruntun yakni pada bulan Mei dan Juni 2024. Deflasi pada Juni tercatat sebesar 0,08% month to month (mtm), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,03% mtm.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, jika pada bulan Juli 2024 ini terjadi deflasi lagi, maka imbasnya akan memangkas pertumbuhan ekonomi domestik.

“Jika Juli ada deflasi, maka pelemahan daya beli makin dalam, risikonya pertumbuhan ekonomi akan terpangkas. Ini butuh antisipasi karena memulihkan ekonomi yang melesu juga tidak mudah,” tutur Eko kepada Kontan, Selasa (2/7).

Baca Juga: Terjadi Deflasi 0,08% Pada Juni 2024, Begini Penjelasan BI

Meski begitu, Eko menduga deflasi tidak akan berlanjut hingga Juli 2024 ini. Alasannya, bulan ini ada momentum masuk sekolah karena adanya tahun ajaran baru.

Biasanya, pada tahun ajaran baru, masyarakat cenderung banyak berbelanja untuk keperluan anak sekolah, sehingga akan terjadi inflasi pada sektor pendidikan, pakaian, dan tiket transportasi.

Sementara itu, Eko menilai, terjadi deflasi pada Juni 2024 salah satunya karena menurunnya daya beli masyarakat. Padahal dalam periode tersebut ada momentum Idul Adha, dan juga libur sekolah yang biasanya masyarakat cenderung berbelanja.

Baca Juga: Waspadai Perubahan Iklim dan Pelemahan Rupiah Berdampak pada Inflasi Harga Pangan

Ia menduga, daya beli masyarakat menurun lantaran pendapatan yang tak kunjung naik. “Jadi sepertinya banyak yang mulai berhemat menghadapi situasi ekonomi yang cenderung melemah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Plt. Sekretaris Utama BPS Imam Machdi menyampaikan, berdasarkan komponennya, pemicu utama deflasi lagi-lagi berasal dari komponen komoditas pangan yang bergejolak.

Tercatat komponen ini memberikan andil deflasi sebesar 0,98% pada Juni lalu. Ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 0,69%.

Baca Juga: BPS Catat Inflasi Pangan Capai 5,96% pada Juni 2024

Adapun komponen harga bergejolak kerap kali dikaitkan dengan daya beli masyarakat. Pasalnya, pergerakan indeks pada komponen ini salah satunya dipicu oleh permintaan masyarakat. 

Selanjutnya: Star Energy Mundur, PLN Bakal Lelang Ulang Proyek PLTP Kepahiang

Menarik Dibaca: 5 Aroma Vagina yang Paling Umum dan Penyebabnya, Moms Harus Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×