kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,69   3,20   0.34%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jemput Bola di Entikong, Dukcapil Terbitkan 1.222 Dokumen Kependudukan


Sabtu, 19 Maret 2022 / 13:44 WIB
Jemput Bola di Entikong, Dukcapil Terbitkan 1.222 Dokumen Kependudukan
ILUSTRASI. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan Dukcapil Kemendagri melakukan kegiatan jemput bola pada 15-17 Maret 2022 di wilayah perbatasan antar negara tepatnya di Entikong.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkolaborasi bersama Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat dan Dukccapil Kabupaten Sanggau telah selesai melakukan kegiatan jemput bola pada 15-17 Maret 2022 di wilayah perbatasan antar negara tepatnya di Kecamatan Entikong Kalimantan Barat.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, dari total penduduk Kecamatan Entikong sebanyak 18.415 jiwa, sebanyak 1.144 jiwa belum melakukan perekaman KTP elektronik.

"Layanan jemput bola ini kami berikan untuk menunjang pelayanan di 5 desa. Desa Entikong, Semagit, Nekan, Pela Pasang dan Suruh Tembawang)," ujar Zudan dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3).

Baca Juga: Dirjen Dukcapil: Jumlah Penduduk Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit

Zudan berterima kasih pada usaha keras jajaran Dukcapil dalam pelayanan ini dan mendapatkan sambutan dengan penuh antusias dari masyarakat untuk mendapatkan layanan adminduk, mengingat lokasi domisili mereka yang secara geografis cukup sulit untuk menjangkau layanan reguler Disdukcapil.

"Kegiatan jemput bola seperti ini terutama di wilayah 3 T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan) selanjutnya akan dilakukan di wilayah terluar di Kaltara, Belu dan wilayah-wilayah lainnya" ungkap Zudan.

Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama menambahkan, selama 3 hari pelayanan telah diterbitkan 1.222 dokumen kependudukan.

Adapun pelayanan yang telah diberikan Dukcapil ini antara lain perekaman baru KTP elektronik sejumlah 342 orang, perekaman usia 16-17 tahun kurang 1 hari sejumlah 26 orang. Lalu, cetak KTP elektronik hasil perekaman baru atau hilang rusak dan ganti elemen data sebanyak 505 keping, cetak KIA 324 keping, cetak KK 317 lembar, 54 akta kelahiran, 10 akta perkawinan, 8 akta kematian, dan 4 akta pengesahan anak.

"Total dokumen yang diterbitkan sebanyak 1.222 Dokumen Kependudukan" ujar Yama.

Pelayanan jemput bola di Kecamatan Entikong ini akan tetap dilakukan Dukcapil Sanggau hingga seluruh penduduk selesai dilakukan perekaman.

Baca Juga: Baru Umur 17 Tahun, Cek Cara dan Syarat Membuat e-KTP, 30 Menit Selesai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×