kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jabar masih bertahan di puncak klasemen sementara PON XX Papua


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 08:30 WIB
Jabar masih bertahan di puncak klasemen sementara PON XX Papua


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Provinsi Jawa Barat (Jabar) masih berada di puncak klasemen medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Jabar memimpin klasemen medali PON Papua XX 2021 dengan koleksi 66 emas, 63 perak, dan 67 perunggu. 

Total, Jabar telah mengumpulkan 196 medali hingga Sabtu (9/10) pagi WIB. 

Jabar kini unggul atas tiga pesaing terdekat, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), dan tuan rumah Papua. Jabar berhasil menjauh dari kejaran ketiga provinsi itu berkat tambahan 11 medali emas pada rangkaian Jumat (8/10). 

Tambahan emas untuk Provinsi Jabar kebanyakan datang dari cabang olahraga rowing atau dayung. 

Baca Juga: Sejumlah atlet dan official PON tepapar Covid-19, begini respons JK

Atlet-atlet Jabar yang berjuang di cabor dayung sukses menyumbangkan total enam medali emas. Raihan tersebut menjadi salah satu faktor kunci lolosnya Jabar dari kejaran Jatim. 

Sebelum ini, Jatim sempat menyamai raihan emas Provinsi Jabar. Namun, mereka kini kembali berjarak. Bahkan, Jatim harus turun ke peringkat ketiga setelah sempat menduduki peringkat kedua. 

Jatim menduduki peringkat ketiga dengan koleksi 59 emas, 48 perak, dan 46 perunggu. Mereka membayangi DKI Jakarta yang berada di peringkat kedua. 

Adapun DKI Jakarta juga mengoleksi 59 medali emas, sama seperti Jatim. Namun, DKI Jakarta berhak menduduki peringkat kedua karena unggul jumlah medali perak dan perunggu. 

DKI Jakarta kini telah mengantongi 49 perak dan 61 perunggu. Mereka pun otomatis unggul jumlah medali atas Jatim, yakni 169 berbanding 153. 

Baca Juga: ITDC: Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar World Superbike dan MotoGP

Persaingan di papan atas klasemen PON Papua 2021 juga diramaikan oleh kontingen tuan rumah. Papua menduduki peringkat keempat dengan raihan 53 emas, 27 perak, dan 53 perunggu. Mereka berpeluang menyalip tiga provinsi teratas mengingat masih banyak emas yang diperebutkan pada rangkaian PON Papua 2021. 

Adapun rangkaian pertandingan PON Papua 2021 baru akan berakhir pada 15 Oktober mendatang. (Benediktus Agya Pradipta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Klasemen Medali PON XX Papua: Jabar Bertahan di Puncak, Jatim Bayangi DKI"

Selanjutnya: Fasilitas olahraga di PIK2, Ketua PBSI mengaku senang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×