kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,34   4,74   0.48%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tiga aturan pelaksana untuk mendukung berlakunya IA-CEPA


Minggu, 05 Juli 2020 / 15:30 WIB
Ini tiga aturan pelaksana untuk mendukung berlakunya IA-CEPA
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) bersalaman dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat melakukan pertemuan bilateral di gedung parlemen Australia, Canberra, Australia, Senin (10/2/2020). Kedua negara menyepakati ratifikasi perjanjian Indonesia-Austra


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia dan Australia (IA-CEPA) resmi berlaku mulai hari ini, Minggu (5/7).

Terdapat tiga aturan pelaksana yang mendukung berjalannya IA-CEPA. Pertama, peraturan Menteri Perdagangan Nomor 63 Tahun 2020 tentang Ketentuan Asal Barang Indonesia dan Ketentuan Penerbitan Dokumen Keterangan Asal untuk Barang Asal Indonesia dalam Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Australia.

Kedua, ada Peraturan Menteri Keuangan No. 81/PMK.10/2020 tentang Penetapan Tarif Bea Masuk dalam
rangka Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.

Ketiga peraturan Menteri Keuangan No. 82/PMK.04/2020 tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Berdasarkan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.

Baca Juga: IA-CEPA resmi berlaku hari ini, bea masuk ekspor RI ke Australia jadi 0%

"Seluruh produk ekspor Indonesia ke Australia dihapuskan tarif bea masuknya. Untuk itu tarif preferensi IA-CEPA ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha Indonesia agar ekspor Indonesia meningkat," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam siaran pers, Minggu (5/7).

Selain barang Indonesia ke Australia, barang Australia ke Indonesia pun mendapatkan penghapusan tarif. Namun, hanya sebesar 94% dari total barang.

Penghapusan tarif tersebut diyakini dapat mendorong ekonomi Indonesia. Pasalnya mayoritas impor Indonesia merupakan bahan baku terutama untuk industri makanan dan minuman sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Tidak hanya pada sektor perdagangan kerja sama Indonesia dan Australia juga bergerak di sektor investasi. Salah satunya adalah pengembangan konsep powerhouse dimana memanfaatkan keunggulan masing-masing negara untuk ekspor ke negara ketiga.

Baca Juga: Kembangkan pasar rempah, Indonesia bisa manfaatkan perjanjian dagang

"Cakupan IA-CEPA yang komprehensif akan mendorong Indonesia dan Australia menjadi mitra sejati menciptakan jejaring supply global," terang Agus.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×