kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,90   15,53   2.01%
  • EMAS1.029.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

IA-CEPA resmi berlaku hari ini, bea masuk ekspor RI ke Australia jadi 0%


Minggu, 05 Juli 2020 / 11:35 WIB
IA-CEPA resmi berlaku hari ini, bea masuk ekspor RI ke Australia jadi 0%
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) bersalaman dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat melakukan pertemuan bilateral di gedung parlemen Australia, Canberra, Australia, Senin (10/2/2020). Kedua negara menyepakati ratifikasi perjanjian Indonesia-Austra

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) resmi berlaku hari ini, Minggu (5/7). Pelaku usaha Indonesia bisa langsung memanfaatkan perjanjian tersebut. 

Salah satu keuntungan bagi Indonesia adalah dihapusnya bea masuk produk Indonesia ke Australia. "Sudah berlaku semua hari ini, kalau ke Australia semua barang Indonesia bea masuknya nol persen," ujar Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (5/7).

Baca Juga: Dilarang di era Susi, kenapa Edhy Prabowo buka lagi ekspor benih lobster?

Ni Made menyampaikan atas fasilitas yang didapat Indonesia, Australia juga alan mendapatkan sejumlah fasilitas. Hanya saja tidak seluruh produk Australia akan mendapat pembebasan tarif. "Kalau Australia ke Indonesia tidak semua, 94% nol dan yang lain bertahap," terang Made.

Pembebasan tarif bagi produk Australia juha diyakini dapat menjadi perbaikan bagi industri Indonesia. Pasalnya Australia banyak menyediakan bahan baku bagi industri makanan dan olahan seperti gandum, gula, daging sapi, buah subtropis.

Pembebasan tarif dapat menurunkan harga bahan baku. Sehingga nantinya produk Indonesia dapat memiliki nilai saing untuk pasar ekspor.

Selain itu kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan investasi. Selain sektor pariwisata yang menjadi unggulan Indonesia saat ini, Ni Made juga bilang sektor pendidikan, kesehatan, telekomunikasi, serta jasa logistik juga didorong dalam perjanjian tersebut.

Baca Juga: Ini rekomendasi analis untuk emiten yang bakal menebar dividen pekan depan

IA-CEPA juga akan mendorong tiga sektor ekonomi. Antara lain adalah industri pangan, industri maju, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×