kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ini sejumlah rekomendasi DPR untuk antisipasi penyebaran wabah covid-19


Senin, 30 Maret 2020 / 21:22 WIB
Ini sejumlah rekomendasi DPR untuk antisipasi penyebaran wabah covid-19
ILUSTRASI. A view of Indonesia's Parliament building in Jakarta, Indonesia, November 23, 2017. Picture taken November 23, 2017. REUTERS/Beawiharta

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi tekanan perekonomian global, serta untuk menangani dampak wabah virus Corona.

"Bahkan, apabila diperlukan pemerintah juga bisa menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait dengan upaya meningkatkan ketahanan fiskal nasional," ujar Puan di dalam agenda Rapat Paripurna, Senin (30/3).

Baca Juga: Sejumlah anggota DPR ini usulkan setengah gajinya dipotong untuk atasi wabah covid-19

Untuk mendukung pemerintah dalam menanggulangi dampak virus corona, DPR juga turut mengusulkan beberapa rekomendasi upaya antisipatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah.

Adapun berbagai langkah antisipatif yang direkomendasikan antara lain seperti, memperkuat pelayanan dan fasilitas kesehatan (faskes).

Hal ini dapat dilakukan dengan memperluas daya jangkau rapid test, memperbanyak ketersediaan Alat Perlindungan Diri (APD), serta meningkatkan kapabilitas Rumah Sakit atau Puskesmas.

Baca Juga: Puan Maharani sebut DPR akan tiadakan kegiatan kunjungan kerja karena wabah covid-19

Pemerintah juga dapat mengoptimalkan peran tenaga kesehatan, dengan memperbanyak bantuan tenaga kesehatan dan memberikan insentif.

Beberapa saran lainnya adalah memberikan perlindungan sosial, menciptakan stimulus perekonomian dan stimulus bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), menjaga ketahanan pangan, serta memastikan agar pelayanan publik tetap berjalan.

"Pemerintah juga dapat memperkuat anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk Penanganan Wabah, sambil menyusun program intervensi strategis lainnya," kata Puan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×