kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS916.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ini satu-satunya provinsi yang realisasi belanja APBD lebih tinggi dari pendapatan


Senin, 27 September 2021 / 16:14 WIB
Ini satu-satunya provinsi yang realisasi belanja APBD lebih tinggi dari pendapatan
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebut ini satu-satunya provinsi yang realisasi belanja APBD lebih tinggi dari pendapatan.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dari 34 provinsi di Indonesia, hanya provinsi Jawa Tengah saja yang realisasi belanjanya lebih tinggi dari realisasi pendapatan.

“Provinsi Banten kan transfer daerahnya cukup besar, namun belanjanya masih jauh lebih rendah, sedangkan Jawa Tengah itu ketika di transfer dan langsung di belanjakan,” dikutip dari paparan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, Senin (27/9).

Sri Mulyani mengatakan, mayoritas dari ke-33 provinsi selain Jawa Tengah,  jumlah belanjanya lebih rendah dari yang sudah ditransfer oleh pusat. 

Baca Juga: Anggaran Kemenparekraf dipangkas, Sri Mulyani beri penjelasan

Tercatat pada Januari hingga Agustus 2021, realisasi pendapatan Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mencapai 53,7% dari target. Adapun, realisasi belanja APBD hingga Agustus 2021 tercatat 44,2% dari target. 

Jika ditinjau lebih jauh terdapat selisih sekitar 9,5% antara belanja dengan pendapatan.

Selain itu, Dia menilai, bahwa pemerintah pusat sudah melakukan transfer dana ke daerah atau APBD sesuai dengan tata kelola penyaluran. Namun, pemerintah daerah masih belum membelanjakan dananya sesuai dengan yang mereka terima.

Baca Juga: Sri Mulyani jelaskan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk pemulihan ekonomi

Tercatat 34 provinsi di Indonesia, hanya Jawa Tengah yang menggunakan realisasi belanja di atas realisasi pendapatan, yaitu hanya selisih 0,63%. Sebaliknya, Provinsi Banten mencatatkan realisasi belanja paling kecil dibandingkan pendapatannya, yakni selisih 19,7%

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×