kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,27   1,95   0.21%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Pertimbangan Jokowi Pilih Nawawi Pomolango Sebagai Plt Ketua KPK


Sabtu, 25 November 2023 / 17:37 WIB
Ini Pertimbangan Jokowi Pilih Nawawi Pomolango Sebagai Plt Ketua KPK
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjadi pelaksana tugas Ketua KPK menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara karena berstatus tersangka.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan sementara Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi memilih  Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjadi pelaksana tugas Ketua KPK menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara karena berstatus tersangka.

Jokowi mengaku punya banyak pertimbangan saat memilih Nawawi Pomolango menjadi pelaksana tugas Ketua KPK.

Hanya saja, Jokowi menyebutkan bahwa alasan-alasan tersebut tidak dapat ia sampaikan di muka publik. "Ya banyak pertimbangan tapi enggak bisa saya sampaikan," kata Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Jadi Tersangka Pemerasan, Presiden Copot Firli Bahuri Digantikan Nawawi Pomolango

Jokowi pun mengatakan, ada tiga pimpinan KPK lainnya, tetapi hanya satu yang bisa ditunjuk untuk menjadi plt ketua KPK. Mantan gubernur DKI Jakarta ini tidak menjawab panjang lebar ketika ditanya soal harapannya kepada Nawawi sebagai plt ketua KPK.

"(Harapannya) KPK bisa berjalan dengan baik sampai nanti terpilihnya ketua yang baru," kata dia.

Jokowi juga tidak menjawab lugas soal evaluasi terhadap KPK seusai ketuanya menjadi tersangka kasus dugaan korupsi.

"Saya kira ini biar berjalan lebih dahulu. nanti sambil berjalan kita lihat, evaluasi," ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Seperti diketahui, Firli kini berstatus sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Firli pun diberhentikan sementara dari jabatan ketua KPK digantikan oleh Nawawi sebagai pelaksana tugas.

Baca Juga: Ada Empat Kandidat Pengganti Ketua KPK Firli Bahuri, Ini Mereka

Penulis: Ardito Ramadhan
Editor: Krisiandi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pilih Nawawi Pomolango Gantikan Firli, Jokowi: Banyak Pertimbangan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×