kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Tersangka Pemerasan, Presiden Copot Firli Bahuri Digantikan Nawawi Pomolango


Jumat, 24 November 2023 / 23:46 WIB
Jadi Tersangka Pemerasan, Presiden Copot Firli Bahuri Digantikan Nawawi Pomolango
ILUSTRASI. Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo melantik lima pimpinan KPK periode 2019-2023 yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo resmi mencopot Firli Bahuri sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Presiden juga menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara. 

Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Sebelum menduduki jabatan baru ini, Nawawi merupakan Wakil Ketua KPK periode 2019-2024.

Dibanding Firli Bahuri dan tiga Wakil Ketua KPK lainnya yakni, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Johanis Tanak, Nawawi jarang muncul di publik dan membawakan konferensi pers. 

Namun, Nawawi merupakan Wakil Ketua KPK yang pernah dan berani mengkritik Firli Bahuri dengan mengingatkan agar pimpinan KPK menghindari gaya kerja one man show atau menonjolkan satu orang. 

Baca Juga: Firli Bahuri Mengajukan Gugatan Praperadilan Atas Penetapannya Sebagai Tersangka

Kritik itu Nawawi sampaikan ketika menanggapi surat yang ditulis Gubernur Papua Lukas Enembe untuk Firli Bahuri pada 3 November 2022. 

Saat itu, Lukas menagih janji yang disampaikan Firli saat menjalani pemeriksaan di rumahnya, Koya Tengah, Jayapura, Papua. 

“Harusnya ini jadi peringatan bagi kami untuk menghindari style kerja yang cenderung one man show,” kata Nawawi dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (2/2/2023). 

Saat itu, Nawawi meminta penyidik KPK tidak terpengaruh persoalan janji yang ditagih Lukas Enembe kepada Firli. 

Nawawi juga mengaku tidak mengetahui apa yang dijanjikan Firli pada Lukas Enembe. Adapun Lukas merupakan tersangka dugaan gratifikasi, suap, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Ia beralasan sakit sampai akhirnya penyidik memeriksanya di rumah. Namun, pemeriksaan itu menjadi sorotan karena Firli Bahuri turut hadir dan menemui Lukas yang sudah menjadi tersangka. 

Padahal, pimpinan KPK berdasarkan undang-undang baru bukan lagi penyidik. “Pak Firli saja yang tahu apa janji yang dibisikin ke tersangka," ujar Nawawi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Profil Nawawi Pomolango, Ketua KPK Sementara yang Pernah Kritik Firli Bahuri "One Man Show"", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/11/24/23345191/profil-nawawi-pomolango-ketua-kpk-sementara-yang-pernah-kritik-firli-bahuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×