kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini jawaban Kadishub DKI soal bus BKTB berkarat


Senin, 10 Februari 2014 / 18:13 WIB
Ini jawaban Kadishub DKI soal bus BKTB berkarat
Nasabah melakukan transaksi di Bank Jatim Thamrin City Jakarta, Jumat (20/7). Bakal Spin Off, Bank Jatim (BJTM) Sebut Buka Peluang Unit Syariah IPO.


Sumber: Kompas.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengklarifikasi pemberitaan rusaknya komponen bus transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang baru dibeli dan dioperasikan di Jakarta. Ia mengimbau kepada media massa dan warga untuk tidak berlebihan dalam melihat kerusakan bus-bus baru dari China tersebut.

"AC kendur, kaca spion rusak, tutup panel kendur, kok itu jadi masalah? Kalau masalah kendur doang kan bisa dikencangin dan bisa diganti. Jadi, jangan terlalu berlebihanlah," kata Pristono di Balaikota Jakarta, Senin (10/2/2014).

Menurut Pristono, segala komponen yang rusak itu merupakan komponen kecil dan ringan. Apabila komponen kecil itu rusak, tetap saja bus dapat beroperasi seperti biasanya, asal jangan sampai mesinnya yang berkarat maupun rusak.

Selain itu, kata Pristono, kerusakan tabung oli power steering, fanbelt AC yang kendur, pulley mesin terbuka, kaca spion yang rusak, tutup panel spidometer kendur, dan instrumen dashboard yang tidak dibaut dapat diperbaiki cepat dan diganti dengan yang lebih baik. Adapun radiator yang bocor juga bisa cepat diselesaikan.

"Jadi, ini hanya minor item yang rusak, bukan major item. Seluruh tim serta ATPM (agen tunggal pemegang merek) cepat bertanggung jawab dan akan menyelesaikan semua," kata Pristono.

Ia mengatakan, bus dengan dek tinggi hanya diproduksi di Jakarta. Dua kota yang memerlukan dek tinggi hanyalah Jakarta dan Bogota. Hanya saja, bus dek tinggi di Bogota menggunakan bahan bakar solar. Adapun transjakarta menggunakan bahan bakar gas (BBG). Ia menyebutkan, perusahaan membuat bus tersebut tergantung pesanan. Melalui fakta ini pula, kata Pristono, tidak mungkin kalau komponen bus transjakarta merupakan barang bekas karena bus itu baru ada ketika ada pesanan.

"Ini semua akan kita selesaikan dan sekali lagi tolong jangan digeneralisir," kata Pristono.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengoperasikan 90 dari 310 bus transjakarta dan 30 dari 346 bus baru untuk BKTB. Namun, sebanyak 5 bus transjakarta dan 10 BKTB mengalami kerusakan pada sejumlah komponennya. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×