kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini dia daerah-daerah tanpa hujan lebih dari 60 hari di Jakarta dan Banten


Rabu, 21 Agustus 2019 / 16:30 WIB
Ini dia daerah-daerah tanpa hujan lebih dari 60 hari di Jakarta dan Banten

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada ancaman bencana kekeringan di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Salah satu pertimbangannya: hari tanpa hujan lebih dari 60 hari.

Berdasarkan analisis BMKG terbaru 20 Agustus 2019, seluruh Zona Musim di Banten dan DKI Jakarta sudah memasuki musim kemarau. "Diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan," kata Sukasno, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Tangerang Selatan, dalam surat edaran bertajuk Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis. 

Data hari tanpa hujan (HTH) hingga 20 Agustus 2019 menunjukkan, sebagian besar wilayah Banten dan DKI Jakarta mengalami deret hari kering lebih dari 20 hari sampai di atas 60 hari.

Prakiraan peluang curah hujan pada dasarian III Agustus dan dasaria I September 2019: beberapa daerah akan mengalami curah hujan sangat rendah alias kurang dari 20 milimeter (mm)/dasarian, dengan peluang hingga lebih dari 90%. 

"Kedua kondisi tersebut memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini (waspada ancaman bencana kekeringan  di Jakarta dan Banten)," ujar Sukasno. 

Nah, berikut daftar daerah-daerah dalam Status Awas, dengan HTH lebih dari 60 hari:

Jakarta Pusat: Menteng, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang

Jakarta Selatan: Tebet, Pasar Minggu, Setiabudi

Jakarta Timur: Halim, Pulogadung, Cipayung

Jakarta Utara: Cilincing, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, Penjaringan

Lebak: Bayah, Cilograng, Cimarga, Malimping

Pandeglang: Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu

Serang: Ciruas, Walantaka

Tangerang: Teluk Naga, Sepatan, Mauk, Cengkareng, Ciputat, Kresek, Cipondoh, Kronjo, Kemiri, Pasar Kemis, Kota Tangerang




TERBARU

Close [X]
×