kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi rendah, BI menahan suku bunga acuan di level 4,5%


Selasa, 19 Mei 2020 / 14:43 WIB
Inflasi rendah, BI menahan suku bunga acuan di level 4,5%
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memutuskan menahan suku bunga acuan di level 4,5% dalam Rapat Dewan Gubernur BI pada 18 - 19 Mei 2020. Selain itu, bank sentral juga memutuskan mempertahankan suku bunga Deposit Facility di level 3,75% dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,25%.

"Keputusan ini mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar di tengah ketidakpastian pasar keuangan global. Meskipun BI melihat adanya ruang penurunan suku bunga akibat rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun in," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Selasa (19/5).

Baca Juga: Neraca dagang sempat surplus, LPEM UI yakin CAD bisa lebih rendah dari 1,6% PDB

Perry menambahkan, di samping kebijakan suku bunga acuan, BI juga hadir dengan beberapa langkah berikut. Pertama, menyediakan likuiditas bagi perbankan dalam restrukturisasi kredit UMKM dan usaha ultra mikro yang memiliki pinjaman di lembaga keuangan.

Kedua, mempertimbangkan pemberian jasa giro atas Giro Wajib Minimum (GWM) bank-bank yang ada di BI. Ketiga, memperkuat operasi moneter dan pendalaman keuangan syariah lewat instrumen fasilitas likuiditas berdasrkan prinsip syariha, PASBI, atau SIPA.

Keempat, dengan mendorong percepatan implementasi keuangan digital untuk upaya pemulihan ekonomi lewat kolaborasi ban dan fintech untuk melebarkan akses UMKM dan masyarakat pada layanan keuangan dan ekonomi.

"BI akan mepmerkuat bauran kebijakan yang diarahkan untuk mitigasi resiko penyebaran COvid-19 dan menhaga stabilitas pasar keuangan dan bersinergi dengan pemerintah untuk percepat pemulihan ekonomi nasional." tambah Perry.

Ke depan, BI akan terus mengikuti dinamika perekonomian dan pasar keuangan, serta pengaruh pandemi Covid-19 terhadpa pereknomian. BI juga mengaku sigap dengan amunisi untuk menjaga kondisi makroekonomi, sistem keuangan, dan pemulihan ekonomi domestik.

Baca Juga: Siap diumumkan, ini skema detail penempatan dana pemerintah di bank jangkar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×