kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil Survei SMRC: Jika Pemilu Diadakan Sekarang, PDIP Raih Dukungan Terbesar


Kamis, 09 Juni 2022 / 16:05 WIB
Hasil Survei SMRC: Jika Pemilu Diadakan Sekarang, PDIP Raih Dukungan Terbesar
ILUSTRASI. Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan memaparkan hasil survei terbaru tentang Kekuatan Partai dan Calon Presiden di Jakarta, Selasa (2/1). Hasil Survei SMRC: Jika Pemilu Diadakan Sekarang, PDIP Raih Dukungan Terbesa


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperlihatkan, jika pemilihan umum (Pemilu) dilakukan sekarang, maka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat dukungan paling besar. 

Hal itu, berdasarkan hasil survei nasional SMRC yang digelar pada 10-17 Mei 2022 terhadap warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilu dan sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendapatkan dukungan paling besar yaitu 23,7 persen, disusul Gerindra 9,2 persen, serta Golkar 8,3 persen," papar Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dalam rilis surveinya, Kamis (9/6/2022). 

"Lalu ada PKB 6,2 persen, Demokrat 5,7 persen, PKS 2,5 persen, dan Nasdem 2 persen," ucapnya. 

Baca Juga: Survei SMRC Sebut Anies Baswedan Punya Kans Besar Menang Pilpres 2024, Asalkan..

Sementara itu, kata Deni, partai-partai lain yang tidak disebutkan, mendapat dukungan di bawah 2%. 

Kemudian, sebanyak 35,6 persen responden yang menjawab belum tahu atau tidak menjawab soal partai pilihannya.

"Di sini kita lihat kekuatan partai kalau kita bandingkan dengan pemilu 2019 itu tidak mengalami perubahan yang berarti," ucap Deni. 

Lebih lanjut, jika dilihat dari trennya, PDI-P juga menjadi satu-satunya partai yang mengalami peningkatan dibanding pemilu sebelumnya. 

Deni mengatakan, PDI-P mendapat raihan dukungan sebesar 19.3 persen pada Pemilu 2019. Sementara hasil survei hari ini, angkanya naik menjadi 23,7%. 

Kemudian, dia menambahkan, partai-partai lain seperti Golkar dan Gerindra, terlihat tidak mengalami perubahan atau kenaikan. 

Baca Juga: Survei SMRC: Prabowo dan Ganjar Pranowo Bersaing Ketat, Anies Urutan Ketiga

"Malah cenderung menurun. Begitu pun partai-partai yang lain di parlemen tidak mengalami kemajuan. PPP, PAN juga demikian, hanya PDI-P yang terlihat mengalami kemajuan dibanding 2019," ucap Deni. 

Adapun survei ini dilakukan dari populasi itu dipilih secara random atau multistage random sampling 1.220 responden. 

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei SMRC: Jika Pemilu Diadakan Sekarang, PDIP Raih Dukungan Terbesar"
Penulis : Irfan Kamil
Editor : Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×