kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,81   3,17   0.34%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini dalam sejarah: Erupsi Merapi renggut nyawa Mbah Maridjan


Sabtu, 26 Oktober 2019 / 08:46 WIB
Hari ini dalam sejarah: Erupsi Merapi renggut nyawa Mbah Maridjan
ILUSTRASI. Gunung Merapi menyemburkan awan panas terlihat dari Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (2/3/2019).


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Letusan Gunung Merapi meninggalkan banyak cerita. Gunung yang berada di Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten ini merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia dengan ketinggian 2.968 meter.

Salah satu letusan Merapi yang masyarakat ingat adalah pada 26 Oktober 2010 silam. Pada hari itu, erupsi Merapi membawa serta puluhan warga serta juru kunci gunung, Mbah Maridjan.

Menurut pemberitaan Harian Kompas, 26 Oktober 2010, sebelum meletus status Gunung Merapi naik dari Siaga menjadi Awas. Erupsi terakhir, menurut ahli vulkanologi dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Eko Teguh Paripurno, terjadi pada 1930.

Baca Juga: Pasca meletus, warga diimbau waspada lahar dingin Gunung Merapi saat musim hujan

Kala itu, letusan besar Merapi mengakibatkan 1.367 orang tewas. Sejak saat itu, erupsi Merapi cenderung lebih bersifat efusif dengan karateristik aliran lava dan awan panas piroklastik, masyarakat menyebutnya wedhus gembel.

Peningkatan aktivitas Gunung Merapi pada 2010 kemudian membuat 40.000 warga yang tinggal di kawasan rawan bencana III atau dalam radius 10 kilometer dievakuasi. Selain itu, peningkatan aktivitas Merapi juga ditandai dengan berbagai peristiwa alam.

Warga di Kabupaten Boyolali sebelumnya melihat belasan ekor kera dan burung turun dari hutan ke kebun-kebun penduduk. Lalu, warga di Dusun Karangbutan, Desa Sidorejo, Klaten merasakan adanya peningkatan suhu udara.

Baca Juga: Gunung Merapi semburkan awan panas, ada hujan abu tipis di Boyolali

Meski status Merapi ditingkatkan, juru kunci Merapi, Mbah Marijan tetap beraktivitas seperti biasa. Mbah Marijan saat itu mengaku masih kerasan tinggal di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan Sleman yang berjarak sekitar empat kilometer dari puncak Merapi.

Setelah menunjukkan berbagai aktivitas, Gunung Merapi akhirnya erupsi pada Selasa petang (26/10) pukul 18.10, 18.15, dan 18.25 WIB. Peristiwa ini kemudian diikuti oleh hujan abu yang membuat warga di sekitar lereng Merapi, terutama di Kabupaten Magelang dan Klaten, panik dan bergegas mengungsi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×