kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Daging Sapi Masih Tinggi, Pedagang Harapkan Pemerintah Upayakan Stabilisasi


Rabu, 21 September 2022 / 15:31 WIB
Harga Daging Sapi Masih Tinggi, Pedagang Harapkan Pemerintah Upayakan Stabilisasi
ILUSTRASI. Pengunjung membeli?daging sapi di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan. Harga daging sapi yang masih tinggi dikeluhkan pedagang di pasar.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga daging sapi yang masih tinggi dikeluhkan pedagang di pasar. Bento, pedagang daging sapi sekaligus Koordinator Pedagang Daging di Pasar Palmerah menyebut harga daging kini sekitar Rp 130.000 hingga Rp 135.000 per kilogram (kg).

Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan harga daging impor. Ia menyebut, pedagang mendapatkan harga daging dari rumah pemotongan hewan (RPH) sebesar Rp 105.000 per kilogram untuk karkas. Jika dihitung pedagang membutuhkan modal Rp 126.000 hingga Rp 127.000 perkilogram.

Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) menambah beban masyarakat yang pada akhirnya menurunkan daya beli ada komoditi daging sapi. Bento menyebut, kini para pedagang di Pasar Palmerah hanya bergantung pada konsumen dari sektor UMKM dan pedagang.

"Daya beli turun, konsumen rumah tangga katakanlah paling Sabtu-Minggu beli. Itupun enggak mungkin beli 2 kilogram kan, paling seperempat kilogram. Kita sekarang konsumen dari UMKM kayak pedagang bakso misalnya," kata Bento ditemui di Kontan.co.id di Pasar Palmerah, Jakarta, Rabu (21/9).

Baca Juga: Harga Telur Turun Jadi Rp 30.300, Pasca Harga BBM Naik, Pangan Lain Naik Tinggi

Walaupun harga masih tinggi, Bento mengatakan, untuk stok daging sapi saat ini masih aman.

Ia berharap pemerintah dapat turun tangan untuk melakukan stabilisasi harga daging di pasaran. Sebab, jika harga di pasaran dapat dijangkau konsumen tentu akan meningkatkan daya beli masyarakat akan daging sapi.

"Contoh sekarang banyak yang tutup. Karena pengunjung sepi. Mohon pemerintah agar bisa stabilkan harga dan terjangkau untuk masyarakat jadi daya beli bisa ada," kata Bento.

Tak hanya bersaing dengan daging impor, Bento juga menyebut, pedagang pasar juga bersaing dengan penjualan daging di supermarket. Konsumen saat ini cenderung tak mencari jenis daging tertentu, namun daging yang memiliki harga terjangkau.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga daging sapi mencapai Rp 137.550 per kilogram pada Rabu (21/9), atau naik 0,07% dari hari sebelumnya.

Baca Juga: Ada Daging Sapi & Bawang Putih, Berikut Harga Pangan yang Naik Hari Ini, Rabu (21/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×