kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadiri retreat KTT ASEAN, Presiden Jokowi angkat isu Rakhine State


Minggu, 23 Juni 2019 / 13:25 WIB
Hadiri retreat KTT ASEAN, Presiden Jokowi angkat isu Rakhine State


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam pertemuan retreat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN di Athenee, Bangkok, Thailand, Presiden Joko Widodo kembali mengangkat isu Rakhine State.

Dalam pertemuan tersebut dia mengatakan, Pemimpin ASEAN telah memberikan mandat ke AHA Centre untuk melakukan needs assessment guna membantu Myanmar mempersiapkan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat. Mandat tersebut pun sudah dijalankan melalui pelaksanaan Preliminary Needs Assessment (PNA) tim ke Rakhine State. PNA sudah menyampaikan laporan dari pelaksanaan mandatnya.

Dengan laporan PNA itu, Jokowi menyampaikan beberapa pandangannya. Dia berpendapat, rekomendasi laporan PNA harus ditindaklanjuti. "Saya berharap bahwa High Level Committee dapat segera membuat plan of action dengan time frame yang jelas,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (23/6).

Dia menambahkan, tindak lanjut atas rekomendasi tersebut akan membantu terciptanya kemajuan dalam persiapan repatriasi.

Selanjutnya, Jokowi berpendapat, kunci pelaksanaan repatriasi adalah isu keamanan. "Kita semua prihatin terhadap situasi keamanan di Rakhine State yang belum membaik,” katanya.

Karena itu dia berharap, pemerintah dan otoritas Myanmar dapat terus secara maksimal mengupayakan pemulihan keamanan. Pasalnya, tanpa jaminan keamanan, tidak akan mungkin terjadi repatriasi.

Jokowi juga menyarankan ASEAN dapat membantu membangun komunikasi dengan Bangladesh dan pengungsi di Cox's Bazar dengan tetap menghormati proses komunikasi bilateral Myanmar-Bangladesh. Menurutnya , komunikasi yang baik antara Myanmar, Bangladesh, dan para pengungsi menjadi bagian penting bagi kesuksesan persiapan repatriasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×