kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadiri Acara P20, Jokowi Bicara Ancaman Krisis Global


Kamis, 06 Oktober 2022 / 16:49 WIB
Hadiri Acara P20, Jokowi Bicara Ancaman Krisis Global
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) yang diadakan di Kompleks Parlemen, Kamis (6/10).

Dihadapan para deligasi P20, Jokowi berbicara tentang tantangan global dalam menghadapi ancaman krisis dampak dari pandemi Covid - 19 dan konflik geopolitik.

"Dunia tengah menghadapi tantangan berat, ancaman krisis energi, krisis pangan, krisis iklim dan krisis keuangan telah menghantui semua negara," terang Jokowi dalam sambutan 8th P20 dipantau secara daring, Kamis (6/10).

Baca Juga: Ini Isi Pidato Presiden Jokowi di Pembukaan Kongres ke-5 WCCJ

Jokowi mengatakan, forum parlemen negara dan kawasan anggota G20 ini dapat menjadi momentum strategis untuk membicarakan agenda bersama dalam menghadapi tantangan dunia. Dukungan politik dari parlemen diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi seluruh warga dunia.

"Forum parlemen G20 ini menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata," tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan, kerja sama multilateral (multilateralisme) merupakan jalan paling efektif untuk mengatasi tantangan bersama di dunia. Tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan oleh satu negara atau beberapa negara.

"Kita harus mau duduk bersama berbicara dan membangun jembatan dialog, sehingga menemukan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi," terang Jokowi.

Turut hadir langsung untuk memberikan sambutan dalam pembukaan Sidang P20 itu yakni Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco, dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Adapun Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres memberikan sambutan secara daring untuk Sidang P20.

Baca Juga: Persiapan KTT G20, Jokowi: Alhamdulillah, Kita Harapkan Pelaksanaannya Lancar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×