kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,22   -1,36   -0.14%
  • EMAS999.000 1,52%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Persiapan KTT G20, Jokowi: Alhamdulillah, Kita Harapkan Pelaksanaannya Lancar


Kamis, 06 Oktober 2022 / 14:13 WIB
Persiapan KTT G20, Jokowi: Alhamdulillah, Kita Harapkan Pelaksanaannya Lancar
ILUSTRASI. Sambutan Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di BICC, Bali, Kamis (6/10/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sarana penunjang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali semuanya sudah hampir siap. Oleh karenanya, Jokowi berharap KTT pada November nanti bisa berjalan lancar.

"Pagi hari ini, saya bersama-sama dengan para menteri, dirjen dan gubernur melihat persiapan-persiapan dalam rangka G20 nanti di pertengahan November bulan depan," ujar Jokowi di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, sebagaimana disiarkan secara daring, Kamis (6/10/2022).

"Saya melihat semuanya hampir sudah siap, alhamdulillah. Kita harapkan nanti di pelaksanaan KTT juga berlangsung baik dan lancar," katanya melanjutkan.

Baca Juga: Komunikasi Canggih Tersaji di KTT G20

Presiden Jokowi juga mengaku sempat terkejut karena kondisi di Tahura sudah dipersiapkan dan diubah. Lokasi tersebut kini sudah dilengkapi dengan persemaian bibit (nursery).

"Ada nursery yang produksinya 6 juta bibit. Menurut saya, nanti ini tempat yang paling akan menjadi titik utama, terutama dalam hal concern kita terhadap lingkungan, concern kita terhadap penghutanan kembali," ujar Jokowi.

"Baik mangrove maupun tropical rainforest, sehingga para pemimpin yang kita undang ke sini bisa melihat secara langsung," katanya melanjutkan.

Sebagaimana diketahui, forum G20 adalah forum kerja sama 20 negara ekonomi utama dunia. Forum KTT internasional yang akan digelar pada 15-16 November 2022 ini berfokus pada kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan, termasuk di negara-negara miskin dan kecil.

Komposisi negara anggota G20 mencakup 80 persen PDB dunia, 75 persen ekspor global, dan 60 persen populasi global. Anggota-anggota G20 sendiri terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan, yaitu: Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok atau China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Namun, terlepas dari 20 negara itu, Indonesia juga mengundang negara lain dalam forum G20 dalam presidensinya. Mengutip situs resmi Kementerian Luar Negeri, pada 13 April 2022, Indonesia mengundang 9 negara tamu yang nantinya turut memberikan pandangan dalam pembahasan prioritas.

Negara tersebut yakni Spanyol, Ketua Uni Afrika, Ketua the African Union Development Agency-NEPAD (AU-NEPAD), Ketua Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Belanda, Singapura, Persatuan Emirat Arab, Ketua The Caribbean Community (CARICOM), dan Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Layanan Kesehatan untuk KTT G20 Siap

Selain negara, ada 10 organisasi internasional yang diundang, yaitu Asian Development Bank (ADB), Financial Stability Board (FSB), International Labour Organization (ILO), dan International Monetary Fund (IMF), Islamic Development Bank (IsDB), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), World Bank, World Health Organization (WHO), World Trade Organization (WTO), dan United Nations (UN).

Diundangnya negara tamu tersebut tidak terlepas dari penekanan Presiden Jokowi untuk presidensi G20 Indonesia, yakni inklusivitas untuk mewujudkan pemulihan bersama pasca pandemi Covid-19 alias “leave no one behind".

Oleh karena itu, Indonesia memberikan perhatian besar kepada negara berkembang di Asia, Afrika, Amerika Latin, termasuk negara­ kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tinjau Lokasi Penunjang KTT G20, Jokowi: Semuanya Hampir Sudah Siap"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×