kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

GP Farmasi sebut pihaknya baru menerima 10% pembayaraan obat dari BPJS Kesehatan


Rabu, 30 Januari 2019 / 15:36 WIB
GP Farmasi sebut pihaknya baru menerima 10% pembayaraan obat dari BPJS Kesehatan


Reporter: TribunNews | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI) menggelontorkan dana tambal sebesar Rp 10,5 triliun untuk menutup defisit BPJS Kesehatan di tahun 2018 lalu.

Namun Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi, baru menerima sekitar 10 persen. Sementara, tunggakan BPJS untuk pembayaran obat pada sejumlah perusahaan farmasi sendiri mencapai Rp 3,6 triliun.

"10 Triliun (dana tambal defisit BPJS) kira-kira itu, paling kira 6%-10% yang terbayar ke farmasi," kata Ketua GP Farmasi, Tirto Kusnadi, usai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla, di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

"Baru sisanya mungkin dibayarkan ke industri farmasi atau kepada Badan Pusat Farmasi (BPF)," kata dia. Lebih lanjut ia menambahkan, selama ini terdapat pula kendala dalam sistem pembayaran, di mana pembayaran tak langsung diserahkan kepada perusahaan tetapi melalui pihak ketiga atau co-provider.

"Sulitnya industri ataupun PBF ini lah sebagai co-provider, jadi kita supply ke RS lalu digunakan oleh RS lalu RS menagih BPJS dibayar, baru akan dibayarkan ke kita," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembanguan, Sekretariat Wapres RI, Bambang Widianto membenarkan hal tersebut. Bambang mengatakan, dana bantuan dari pemerintah yang tersalurkan ke perusahaan farmasi memang baru tercatat Rp 300 Miliar.

"Kemarin sudah dibayar pemerintah kan Rp 10 triliun kan. Tapi ternyata yang mengalir ke pabrik obat, itu baru dibayar Rp 300 miliar dari harga. Rp 3 Triliun (tunggakan obat) jadi baru 10 persen," terangnya. (Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "GP Farmasi: Kita Baru Terima 10 Persen Pembayaraan Obat Dari BPJS"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×