kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Faisal Basri Sebut Ada Tim yang Datangi Menteri yang Mau Mundur, Bahas Kasus Hukum


Senin, 05 Februari 2024 / 22:59 WIB
Faisal Basri Sebut Ada Tim yang Datangi Menteri yang Mau Mundur, Bahas Kasus Hukum
ILUSTRASI. Faisal Batubara atau lebih dikenal sebagai Faisal Basri adalah ekonom dan politikus asal Indonesia. Foto/KONTAN/Djumyati Partawidjaja


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri mengungkapkan, ada tim yang mendatangi para menteri yang ingin mundur dari jabatannya. 

Tim 'khusus' ini yang disebut-sebut membuat para menteri mengurungkan niatnya untuk mundur. Pernyataan Faisal itu berkaitan dengan gejolak yang terjadi di Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sejumlah menteri dikabarkan mau mundur karena suasana kabinet sudah tidak nyaman lagi.  "Ada beberapa menteri yang ada naga-naga (bau-baunya) mundur, didatangi oleh tim gitu," ujarnya saat ditemui di Hotel Manhattan, Jakarta, Senin (5/2/2024). 

Baca Juga: Faisal Basri Sebut 90% Nilai Tambah dari Hilirisasi Nikel Lari Ke China

Faisal pun menyinggung bahwa tim tersebut membahas soal 'kasus hukum' ketika menemui para menteri. Kendati begitu, Ekonom Universitas Indonesia (UI) itu tidak merinci apa yang dimaksud dengan 'kasus hukum' tersebut. 

Namun ia menyebut tim yang mendatangi itu telah 'menyandera' para menteri agar tidak jadi mengundurkan diri. "'Nih udah selesai nih kasus hukumnya'. Inilah politik jahat Jokowi, menyandera," kata dia. 

Di sisi lain, Faisal enggan menyebutkan siapa-siapa saja menteri yang dimaksud akan mundur namun didatangi tim. Hanya saja dia membocorkan bahwa sejumlah menteri sudah 'eneg' alias tidak nyaman lagi berada di kabinet Jokowi. 

"Kami kerja bersama, ada kawan yang tugasnya mengimbau kawan tertentu di menteri. Progresnya semakin bagus, mereka semakin eneg. Iya (menteri pada eneg)," ungkap Faisal. 

Baca Juga: Sanggah Pernyataan Faisal Basri, Kemenko Marves Beberkan 6 Fakta Terkiat Hirilisasi

Sebelumnya, berdasarkan catatan Kompas.com, sejumlah menteri diisukan mau mundur seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Sementara itu, menteri yang sudah mundur dari Kabinet Indonesia Maju yakni Mahfud MD. 

Ia melepas jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) agar leluasa berkampanye seiring dengan pencalonannya sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Gejolak Kabinet, Faisal Basri: Menteri yang Mau Mundur Didatangi Tim "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×