kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Epidemiolog: Kasus Covid-19 bisa capai 10.000 per hari dalam 2 minggu ke depan


Jumat, 09 Oktober 2020 / 11:34 WIB
Epidemiolog: Kasus Covid-19 bisa capai 10.000 per hari dalam 2 minggu ke depan
ILUSTRASI. Aksi demonstrasi di berbagai tempat berpotensi memicu terjadinya penyebaran Covid-19 secara masif. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/nz.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aksi demonstrasi di berbagai tempat berpotensi memicu terjadinya penyebaran Covid-19 secara masif. 

"Apa pun itu, baik demo, penggalangan massa, itu sangat berpotensi memicu terjadinya penyebaran yang masif dari Covid-19," kata Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, kepada Kompas.com, Jumat (9/10/2020). 

Terlebih, situasi pengendalian pandemi corona di Indonesia saat ini belum terkendali dengan baik. "Karena kapasitas testing dan tracingnya yang rendah," ujar dia. 

Masih rendahnya testing dan tracing terhadap Covid-19, menurutnya berimplikasi terhadap keberhasilan pada intervensi seperti isolasi, karantina, dan lainnya. 

Baca Juga: Jumlah kematian akibat corona di India melewati 100.000, tak ada tanda pandemi usai

Terlihat dalam 2-3 minggu 

Dicky menjelaskan, saat demo berlangsung, seluruh mekanisme penularan virus terjadi, seperti terjadi kerumunan, tidak ada jarak sosial, droplet, hingga fomite. "Orang berdekatan, orang berteriak, kemudian juga saling menyentuh, ini banyak terjadi. Akhirnya disadari atau tidak (terjadi) penyebaran dari Covid-19," tutur Dicky. 

Menurut dia, dampak lonjakan penyebaran virus corona dari aksi demontrasi tidak akan terlihat secara langsung dalam waktu dekat. "Akan terlihat dampaknya ya nanti, 2-3 minggu ke depan. Bukan dalam beberapa hari ini," kata Dicky.

Baca Juga: Ini cara membedakan batuk musim kemarau dengan batuk gejala Covid-19

Hal ini pun akan memperburuk situasi pengendalian pandemi virus corona di Indonesia. Secara terpisah, tenaga kesehatan juga mengkhawatirkan terjadinya lonjakan kasus infeksi masif yang akan terlihat dalam waktu 1-2 minggu mendatang. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×