kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Indonesia akan memasuki krisis bila dua hal ini terjadi


Selasa, 05 Mei 2020 / 15:09 WIB
Ekonomi Indonesia akan memasuki krisis bila dua hal ini terjadi
ILUSTRASI. Petugas keamanan mengawasi proses bongkar muat kontainer di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/3). PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menargetkan semua pelabuhan yang di bawah tanggung jawabnya akan menerapkan 'Integrated Billing Sy


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dampak wabah virus corona telah menggerogoti perekonomian di Indonesia. Pandemi ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi domestik triwulan I 2020 yang terperosok dalam ke level 2,97% year on year (yoy).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020 ini merupakan yang terendah sejak 2001.

Menurut Muhammad Faisal, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) penyebab angka pertumbuhan ekonomi di kuartal 1-2020 ini, jika dilihat pada bulan Januari hingga Febuari 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia cenderung melambat namun mulai bulan Maret sudah terlihat penurunan yang tajam akibat Covid-19.

Baca Juga: Bank sentral Malaysia pangkas suku bunga 50 bps ke level 2%, terendah sejak 2009

Adapun penurunan tajam itu juga disebabkan karena terjadinya demand shock, dimana pembatasan mobilitas dan PSBB mengurangi permintaan terhadap barang dan jasa, sehingga pelaku usaha pun ikut menurun pendapatannya.

Selain itu, faktor penyebab lainnya juga datang dari pelaku di sektor informal yang banyak bergantung pada pekerja di sektor formal dimana hal ini lebih rentan lagi mengalami penurunan pendapatan bahkan mengakibatkan sebagian  kehilangan pekerjaan.

Faktor lain juga disokong dari sumber pertumbuhan utama konsumsi rumah tangga yang ikut mengalami penurunan tajam, sementara sumber pertumbuhan lain seperti investasi malah melambat lebih tajam.

Faisal juga turut memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Kuartal II 2020 akan terjadi kontraksi di angka -1,9% sampai 7,5%. Menurutnya angka ini jika terkontraksi minimal 2 kuartal berturut-turut maka Indonesia akan mulai memasuki krisis ekonomi.

Baca Juga: Proyek Infrastruktur yang Didanai China Terhenti, Termasuk KA Cepat Jakarta-Bandung




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×