kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DPR Terima Surat Presiden Terkait Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono


Senin, 30 Oktober 2023 / 16:23 WIB
DPR Terima Surat Presiden Terkait Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono
ILUSTRASI. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan, DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait penggantian Panglima TNI. Tribunnews/Jeprima


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan, DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait penggantian Panglima TNI. Sebab, Panglima TNI saat ini, Laksamana Yudo Margono akan segera pensiun pada akhir November 2024.

"Iya (sudah terima surpres)," ujar Meutya saat dimintai konfirmasi, Senin (30/10/2023).

Saat ditanya apakah calon Panglima TNI pengganti Yudo adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, Meutya enggan menjawab.

Dia hanya menyebut nama calon Panglima TNI akan diumumkan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

"Nama nanti akan disampaikan Ibu Ketua DPR ya. Calon tunggal sesuai amanah UU," imbuhnya.

Baca Juga: Jika Diminta Jokowi, Panglima TNI Yudo akan Rekomendasikan Calon Penggantinya

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, tidak mau berandai-andai jabatannya di pucuk pimpinan militer akan diperpanjang.

Yudo menegaskan, sesuai regulasi, ia bakal memasuki usia pensiun pada 26 November 2023

Pernyataan itu Yudo disampaikan saat dimintai tanggapan terkait apakah dirinya siap jika akhirnya masa jabatan Panglima TNI diperpanjang.

"Berandai-andai itu (masa jabatan diperpanjang) lah, yang jelas saya akan pensiun di 26 November ini," kata Yudo saat ditemui awak media di sela-sela acara lomba badminton Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Cup 2023, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2023).

Yudo mengatakan, apakah masa jabatannya bakal diperpanjang atau tidak, pada akhirnya menjadi hak perogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Soal Pergantian Panglima TNI, Begini Jawaban Jokowi

Di sisi lain, kata Yudo, para Kepala Staf TNI baik di matra Darat, Laut, maupun Udara telah memahami kerja-kerja dan tugas Panglima TNI.

"Tentunya ya tinggal melanjutkan saja," tutur Yudo.

Yudo mengaku, sebagai anak keluarga petani setelah pensiun dari Panglima TNI dirinya bakal bertani. Namun, ia belum menjelaskan jenis pertanian yang akan digeluti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPR Terima Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono, Namanya Akan Diumumkan Puan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×