kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DPR soroti pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana hingga sistem jaminan sosial


Jumat, 14 Agustus 2020 / 10:42 WIB
 DPR soroti pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana hingga sistem jaminan sosial
ILUSTRASI. Persiapan pidato kenegaraan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR Puan Maharani menyebut, pandemi covid-19 telah memberikan ujian kepada capaian kemajuan Indonesia saat ini di berbagai bidang. Sebab itu, masih perlu banyak hal yang masih terus perlu diperbaiki dan ditingkatkan kinerja nya untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Kita masih perlu meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata ke seluruh rakyat Indonesia di seluruh wilayah. Kita masih perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi. Kita masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan perlindungan sosial. Kita masih perlu memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi. Kita juga membutuhkan regulasi yang dapat menselaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi,” jelas Puan dalam Sidang Tahunan bersama MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2020 di Kompleks MPR/DPR, Jumat (14/8).

Lebih lanjut, Puan Maharani menekankan, membangun Indonesia memiliki arti yang sangat luas. Yaitu membangun dalam segala bidang kehidupan negara dan masyarakat untuk menuju arah dan cita-cita kemerdekaan seperti yang tertuang dalam UUD 1945. Tujuan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Negara RI secara tegas telah diguratkan dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4.

Baca Juga: Sidang tahunan MPR dihadiri sebanyak 161 anggota parlemen secara fisik

Seperti diketahui alinea ke 4 pembukaan UUD 1945 menyebutkan tujuan pembangunan yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Dalam mewujudkan tujuan negara tersebut diperlukan politik pembangunan untuk dapat mengelola, mengatur dan mengendalikan sumber daya bangsa dan negara yang diarahkan untuk membangun kekuatan nasional,” kata Puan.

Politisi PDIP ini mengatakan, arah politik pembangunan adalah hal inti di dalam suatu pembangunan. Pembangunan tanpa arah politik yang jelas ibarat kapal tanpa kompas. Pembangunan tanpa dipimpin oleh visi misi politik pembangunan yang jelas ibarat kapal tanpa nahkoda yang akan hancur karena membentur karang atau tenggelam karena diterjang badai.

“Indonesia maju menjadi tema dalam peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 75 merupakan tekad semua untuk dapat mengarahkan politik pembangunan nasional untuk dapat segera mewujudkan Indonesia maju di segala bidang,” kata Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×