kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Dongkrak ekonomi, Kementerian LHK gelar pelatihan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu


Senin, 01 Maret 2021 / 21:05 WIB
Dongkrak ekonomi, Kementerian LHK gelar pelatihan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu
ILUSTRASI. Ladang serai yang berada di kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Senin (14/8). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/kye/17.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), serta meningkatkan daya beli untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan pelatihan secara online pada pekan lalu. 

Pelatihan terhubung secara online dengan 68 lokasi di 21 provinsi. Melibatkan 1.830 orang peserta yang merupakan Masyarakat/Kelompok Tani Hutan binaan 76 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), dan 50 UMKM. 

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, ke depan hasil kayu bukan hutan  menjadi mainstream dalam pemanfaatan hutan di Indonesia. Dan jika dikelola dengan baik akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Potensinya besar dan  memiliki peran signifikan terhadap peningkatan pendapatan rumah tangga masyarakat, peningkatan ekonomi lokal, dan kelestarian hutan itu sendiri," terang  Siti Nurbaya, dalam rillis ke Kontan.co.id, Senin (1/3). 

Beberapa komoditi hasil hutan bukan kayu antara daun kayu putih, kopi, getah, bambu, jagung, rumput gajah, gula aren, damar, gaharu dan sebagainya.  Bahkan hasil komoditas tersebut sudah menjangkau pasar ekspor seperti produk madu dan gaharu. 

Potensi HHBK saat ini tercatat  66 juta ton. Sementara produksi di tahun 2020 baru sebesar 558.000  ton. Adapun penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 4,2 miliar. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×