kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

CEO Rumah Zakat: Potensi zakat di Indonesia capai Rp 217 triliun


Selasa, 07 Mei 2019 / 11:51 WIB
CEO Rumah Zakat: Potensi zakat di Indonesia capai Rp 217 triliun

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Potensi zakat di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 217 triliun. Namun dari jumlah itu, baru Rp 8 triliun atau 4% yang tergarap secara profesional.

“Potensinya memang besar. Capaian Rumah Zakat sendiri 60 persennya dari zakat,” ujar CEO Rumah Zakat Nur Effendi kepada Kompas.com di Jalan Turangga Bandung, Selasa (7/5).


Nur menjelaskan, potensi yang besar ini seiring dengan jumlah penduduk muslim Indonesia yang banyak. Jika potensi zakat ini bisa terkelola dengan maksimal, maka rakyat akan lebih sejahtera.

Untuk itu, berbagai inovasi terus dilakukan untuk menggenjot pengelolaan zakat. Salah satunya dengan layanan chatboth 2.0 yang diberi nama Rania. Rania atau @raniabot merupakan sebuah teknologi customer service berbasis Artificial Intellegence (AI).

Siapapun yang ingin mendapatkan informasi seputar zakat bisa mengakses Rania 24 jam. “Selain informasi, masyarakat bisa konsultasi dan berdonasi di bulan Ramadan melalui Rania,” imbuhnya.

Tahun lalu, Rumah Zakat menyalurkan zakat infak sadaqah (ZIS) dari para donatur ke 1.183 Desa Berdaya yang tersebar di Indonesia dan 5 negara. “Ada 168.252 penerima manfaat di tahun 2018 dan 524.036 donatur. Tahun ini kami menargetkan lebih banyak penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya,” ucapnya.

Sedangkan lima negara penerima zakat adalah Palestina, Suriah, Bangladesh, Myanmar, dan Ethiopia. Untuk Palestina, pihaknya telah membangun sekolah di Jerusalem, 700 meter dari Masjid Al Aqsa.

Sesuai dengan UU Israel, tanah tersebut tidak bisa diganggu gugat karena merupakan tanah wakaf.  Selain itu, pihaknya menyalurkan makanan, air, dan pakaian ke 5 negara tersebut. Untuk Suriah, ada asrama Yatim sedangkan Bangladesh untuk camp pengungsi.

“Myanmar akan ada empat sekolah di sana (Rohingya),” pungkasnya. (Reni Susanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Potensi Zakat di Indonesia Capai Rp 217 Triliun",




TERBARU

×