kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BUMDes Megamendung Jaya Berhasil Transformasi Digital Melalui Shopee


Minggu, 11 Juli 2021 / 15:20 WIB
BUMDes Megamendung Jaya Berhasil Transformasi Digital Melalui Shopee
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Agenda akselerasi transformasi digital dilakukan demi mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. Untuk itu, desa juga dituntut untuk bisa mempercepat transformasi digital Indonesia melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Salah satu BUMDes di Jawa Barat yang telah ambil bagian dalam Revolusi Digital adalah BUMDes Megamendung Jaya yang berlokasi di Desa Megamendung. Desa Megamendung memiliki potensi wisata, agrowisata dalam bentuk kebun kopi dan potensi UMKM yang mumpuni. Para petani kopi dan pelaku UMKM ini dirangkul oleh BUMDes Megamendung Jaya dalam hal pemasaran, pelatihan dan pemberdayaan.

M Yusuf Solihatul Munawar, Direktur BUMDes Megamendung mengatakan turut senang pihaknya sudah didukung oleh berbagai instansi pemerintah dan swasta terkait dalam meningkatkan dan menunjang keberlangsungan bisnis para UMKM di desa Megamendung. Tidak hanya untuk operasional bisnis melalui bantuan perangkat komputer di Shopee Center Megamendung, tetapi juga pelatihan untuk sumber daya manusia dalam berbisnis online seiring komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Revolusi Digital.

“BUMDes Megamendung Jaya akan senantiasa mendukung para pelaku UMKM di desa Megamendung agar dapat memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan kualitas kehidupan di desa,” kata Yusuf.

Pandemi Covid-19 sudah mengubah cara masyarakat bekerja, termasuk dalam memasarkan produk. Dengan cermat, BUMDes Megamendung Jaya beradaptasi dan mengadopsi sistem pemasaran online dengan visi jangka panjang untuk memperkenalkan produk desa Megamendung ke mancanegara.

Penjualan produk-produk pegiat UMKM melalui BUMDes Megamendung Jaya meningkat secara signifikan dalam satu bulan terakhir setelah dibantu untuk dapat menerapkan sistem Go Digital melalui platform Shopee dari sebelumnya yang dijalankan secara offline.

Shopee memberikan dukungan berupa edukasi, pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM di desa Megamendung. Tim trainer Shopee berbagi pengetahuan dan menyediakan akses konsultasi langsung bagi para anggota BUMDes Megamendung Jaya. Untuk menunjang program edukasi dan pelatihan tersebut, Shopee juga berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyalurkan peralatan komputer.

Sebulan setelah program kolaborasi Pemprov Jawa Barat dan Shopee yang bertajuk UMKM Jabar Go Digital dimulai, terdapat kenaikan penjualan sebesar dua kali lipat dari para pelaku UMKM melalui BUMDes Megamendung Jaya setelah diberikan edukasi, pelatihan, sarana, dan pendampingan oleh Shopee.

Yusup berharap para UMKM di desa Megamendung dapat naik kelas secara digital untuk mencapai jangkauan dan cakupan berjualan online yang luas. Karena tuntutan pandemi ini, BUMDes juga harus bisa beradaptasi untuk mempercepat literasi digital guna meningkatkan eksistensi dan keberlangsungan bisnis.

“Kami berharap produk yang kami jual di platform Shopee bisa semakin berkembang penjualannya seiring bertambahnya ilmu kami melalui modul pelatihan Shopee, bahkan bisa dikirim sampai ke luar kota dan ke luar negeri,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×