kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buka KTT ASEAN-India, Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Biru


Kamis, 07 September 2023 / 14:43 WIB
Buka KTT ASEAN-India, Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Biru
Presiden Joko Widodo menyambut Perdana Menteri India Narendra Modi sebelum KTT ke-20 ASEAN-India di JCC, Jakarta, Kamis (7/9/2023).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-India di Jakarta, Kamis (7/9).

Dalam pidato pembukanya, Jokowi menyampaikan, ASEAN-India memiliki potensi kerja sama yang besar dalam ekonomi biru.

"Melihat potensi besar Samudera Hindia yang menghubungkan 33 negara, dengan 2,9 miliar jiwa dan seperlima GDP dunia di 2025, di mana potensi kerja sama tersebut bisa kita dorong menuju ekonomi biru, konektivitas maritim, dan sumber daya energi laut yang berkelanjutan," kata Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya menanggulangi kejahatan maritim seperti perampokan, penyelundupan manusia, dan penangkapan ikan ilegal. Menurut Jokowi, seharusnya potensi besar tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong kerja sama maritim.

Baca Juga: KTT ASEAN: Jokowi Dorong Sinergi ASEAN-PBB untuk Jaga Perdamaian Kawasan

Selain itu, Jokowi mengajak para pemimpin untuk terus menjaga stabilitas dan kedamaian kawasan agar dapat menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

"Harus terus dijaga stabilitasnya, dijaga kedamaiannya, dengan menghormati hukum internasional, mendorong habit of cooperation, dan bangun arsitektur kawasan yang inklusif," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi menyampaikan dukungannya terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

"India sepenuhnya mendukung sentralitas ASEAN dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. ASEAN juga mempunyai peran penting dalam inisiatif Indo-Pasifik India," tutur PM India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×