kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI siap mendukung pembiayaan sistem resi gudang, Wamendag beri apresiasi


Sabtu, 07 Agustus 2021 / 14:25 WIB
BRI siap mendukung pembiayaan sistem resi gudang, Wamendag beri apresiasi
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga meninjau Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) di Kabupaten Lamongan dan Tuban, Jawa Timur, Kamis (10 Juni).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso mengatakan bahwa bank yang dipimpinnya siap mendukung pembiayaan dalam sistem resi gudang (SRG) yang dikembangkan oleh Kementerian Perdagangan. 

Menurutnya dukungan pembiayaan itu merupakan komitmen dalam pengembangan ekonomi masyarakat khususnya di sektor 20 komoditas yang masuk dalam SRG. “BRI tentu sangat mendukung SRG. Dukungan ini telah dilakukan dalam gudang-gudang SRG di berbagai daerah,” kata Sunarso.

Komitmen BRI ini disambut baik oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasinya atas komitmen tersebut. Menurutnya kehadiran BRI penting dalam membangun ekosistem bisnis SRG.

Ekosistem bisnis memang menjadi sentra pembicaraan kedua belah pihak. Menurut keduanya penting agar ekosistem bisnis SRG terus dikembangkan agar semua pihak bisa mengambil manfaat yang berkesinambungan. Dengan demikian kepastian usaha di sektor SRG bisa terus dikembangkan.

Baca Juga: Kliring Berjangka (KBI) catatkan kenaikan pemanfaatan resi gudang di semester I-2021

BRI adalah salah satu perbankan milik negara yang sudah dikenal lama berfokus pada pengembangan ekonomi rakyat. Jaringannya tersebar hingga ke desa-desa sehingga memungkinkan daya jangkau yang sangat luas terhadap aktifitas ekonomi masyarakat. 

Kemendag melakukan berbagai terobosan melalui sistem resi gudang yang didesain untuk menjadi sistem penopang dalam perdagangan. Ada 20 komoditas yang sudah bisa masuk SRG antara lain beras, kopi, jagung hingga kopra. Ke depan diharapkan ini bisa menjadi alternatif utama bagi pelaku usaha, baik produsen, petani maupun pengelola gudang dan logistik dalam perdagangan. 

Dengan begitu diharapkan manfaatnya merata dan bisa membentuk sebuah kondisi yang menjamin kepastian usaha baik dari sektor produksi, transportasi dan logistik.

Nilai investasi pembiayaan oleh BRI yang terkait dengan SRG telah mencapai Rp 190 miliar saat ini. Diharapkan nilai ini terus meningkat seiring dengan meluasnya jangkauan bisnis SRG. Kemendag berharap kerja sama dengan stakeholder terus ditingkatkan.

Baca Juga: Wamendag dorong peningkatan pemanfaatan fungsi sistem resi gudang (SRG) di Jatim




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×