kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPS: Pelayanan jemaah haji sudah masuk kategori memuaskan


Kamis, 22 November 2018 / 21:34 WIB
BPS: Pelayanan jemaah haji sudah masuk kategori memuaskan
ILUSTRASI. KEBERANGKATAN JAMAAH HAJI


Reporter: Muhammad Afandi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada tahun 2018 sebesar 85,23. Peningkatan senilai 0,38 poin dari indeks kepuasan pelayanan jemaah haji tahun lalu yakni 84,85.

Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto mengatakan bahwa IKJHI ini sudah masuk dalam kategori memuaskan. Ia mengungkapkan bahwa hal ini adalah capaian terbaik sejak awal pelaksanaan survei Kepuasan Jemaah Haji Indonesia.

Ini merupakan survei kesembilan yang dilakukan oleh BPS. “Ini pertama kalinya menyentuh angka 85.” ujar Suharyanto di Gedung BPS, Kamis (22/11).

Disebutkan bahwa pada tahun ini pelayanan transportasi bus antar kota mendapat nilai tertinggi dibandingkan dengan pelayanan yang lainnya dengan nilai 88,25.

Kemudian disusul pelayanan petugas 87,69, pelayanan bus sholawat 87,65, pelayanan ibadah 87,12, pelayanan katering non-Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina) 86,91, pelayanan akomodasi hotel 86,02, pelayanan lain-lain 85,61, pelayanan katering di Armina 84,38, pelayanan transportasi bus Armina 81,09 dan pelayanan tenda Armina 77,59.

Sementara, rendahnya nilai indeks kepuasan terhadap pelayanan di tenda di Armina disebabkan oleh ketidaksesuaian kapasitas tenda dengan jumlah jemaah. Selain itu juga minimnya kelengkapan fasilitas di tenda, dan keberfungsian fasilitas dan alat di tenda.

Sementara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merespon hasil survei tersebut dengan mengatakan hal ini merupakan keberhasilan. Ia mengatakan bahwa banyak aspek yang terlibat dalam pelaksanaan haji ini. Menurutnya, tidak lepas dari dedikasi petugas serta peserta haji yang lebih mudah diorganisir.

“Jadi ini adalah keberhasilan dalam kaitannya peningkatan indeks kepuasan jamaah kita yang merupakan akumulasi berbagai aspek tentu selain dedikasi petugas, juga tak kalah pentingnya ini kontribusi Kepatuhan dan ketaatan jamaah haji kita. ini lebih mudah diorganisir, diberi bimbingan, pengarahan dan sebagainya. ini memberi kontribusi signifikan pada kelancaran proses jamaah haji,” ucap Lukman di acara yang sama.

Terkait dengan pelayanan di Armina yang masih masih nilai indeksnya tertinggal dari pelayanan yang lain. Suhariyanto menyampaikan, sebenarnya dapat dikatakan memuaskan. Terutama pelayanan tenda Armina, walau angkanya 77,59, namun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 75,55.

“Pelayanan yang belum memuaskan, hampir semuanya masuk ke tahap memuaskan dan sangat memuaskan, untuk yang non Armina, itu memuaskan. Jadi saya luruskan lagi, semua pelayanan dianggap memuaskan. Ada beberapa item yang nanti bisa dicek di BRS, ada pergerakan kecil, tapi angkanya sebagian besar masih 75 ke atas,” terangnya

Sejalan dengan itu, Menag mengatakan bahwa pelayanan sudah membaik. Namun masih ada pekerjaan rumah terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan. Terutama terkait dengan Armina, diantaranya pelayanan katering, pelayanan bus dan tenda.

Menurutnya manajemen informasi di sana akan lebih disoroti. Pertama, terkait Armina, misalnya soal katering, meski sudah baik, tapi ini masih jadi pekerjaan rumah untuk kementerian di bawah koordinasi Kementerian PMK ini karena sebenarnya tidak sebaik di Madinah dan Mekkah.

“Tapi petugas kami yang tangani katering ini terus lakukan perbaikan, misalnya percepat distribusi. Lalu, soal bus di Armina, kami coba agar masa tunggu jemaah tidak terlalu lama, turun ke bawah atas instruksi kami, agar mereka tidak terlalu lama menunggu,” terang Lukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×