kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

BMKG Mengungkap Dua Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini


Kamis, 12 Mei 2022 / 22:54 WIB
BMKG Mengungkap Dua Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini
ILUSTRASI. Cuaca panas belakangan melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Sumber: Kompas TV | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cuaca panas belakangan melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Banyak masyarakat yang mengeluhkan suhu panas, membuat badan lebih gerah ketimbang biasanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan, cuaca panas yang terjadi bukanlah berasal dari gelombang panas. BMKG menyebut kondisi cuaca panas yang dirasakan dalam sepekan ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Seperti dikutip dari akun Instagram BMKG, suhu udara panas dalam sepekan terakhir disebabkan oleh posisi semu matahari yang berada di wilayah utara ekuator. Penyebab kedua cuaca panas akhir-akhir ini adalah kondisi menjelang musim kemarau.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jawa dan Bali: Denpasar Hujan Ringan, Bandung Hujan Sedang

"Mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, di mana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang," ungkap BMKG di akun resminya di media sosial. Sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Dalam pengamatan BMKG, suhu maksimum selama periode 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celsius. Adapun suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celsius hanya terjadi di wilayah Tangerang, Banten dan Kalimarau, Kalimantan Utara.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jabodetabek Hujan, Suhu Jakarta Bisa 35° Celcius di Siang Hari

BMKG memprediksi cuaca panas akan terus berlanjut hingga pertengahan Mei 2022. Bagi masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah, BMKG menyarankan untuk menjaga kondisi tubuh, terutama stamina dan kecukupan cairan.

Artikel ini telah tayang di kompas.tv dengan judul Kerap Ditanyakan, BMKG Ungkap 2 Faktor Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×