kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Biaya Pembangunan LRT di Bali Membengkak 3 Kali Lipat, Ini Usulan Bappenas


Senin, 25 September 2023 / 17:11 WIB
Biaya Pembangunan LRT di Bali Membengkak 3 Kali Lipat, Ini Usulan Bappenas
ILUSTRASI. Penumpang menaiki kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Stasiun LRT Setiabudi, Jakarta, Senin (18/9/2023). LRT Jabodebek kembali melakukan penambahan jumlah perjalanan dari 158 perjalanan setiap harinya bertambah menjadi 230 perjalanan per hari yang resmi diberlakukan pada Senin (18/9) guna memenuhi peningkatan kebutuhan para pengguna jasa. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) mengusulkan kenaikan tiket pesawat sebesar US$ 10 atau setara Rp 154.040 untuk mendukung pembangunan LRT bawah tanah di Bali. 

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Ervan Maksum mengatakan pembangunan LRT di Bali diusulkan untuk dibangun di bawah tanah. Dampaknya ada kenaikan biaya sebanyak tiga kali lipat dari pembangunan LRT pada umumnya. 

Untuk itu, perlu skema crative funding dengan Passenger Servise Charge (PSC) ini dapat menjadi opsi sumber pembiayaan untuk pembangunan LRT bawah tanah di Bali. 

Baca Juga: LRT Bali Diusulkan Dibangun di Bawah Tanah, Pembiayaan Bisa Bengkak Jadi 3 Kali Lipat

"Penerbangan di Bali itu 60% adalah internasional, dan bagi mereka (penambahan US$ 10) itu tidak ada artinya," kata Ervan dalam dalam Seminar Nasional Strategi Green Financing Sektor Transportasi untuk Daya Saing Perkeretaapian Berkeadilan, dipantau daring, Senin (25/9). 

Menurutnya penambahan biaya US$10 ini tidak akan memberatkan konsumen selama ada jaminan peningkatan pelayanan yang baik bagi mereka.  Terlebih, dengan pembangunan LRT di Bali ini dapat memotong kemacetan dari atau ke Bandara Ngurah Rai. 

"Dan kalau extended waktunya lebih pendek yang sebelumnya perjalanan ke bandara pick hour dari 2 jam bisa 15 menit," jelas Ervan. 

Baca Juga: Kini JakCard Bank DKI Bisa Top Up Melalui Aplikasi Tokopedia

Meski demikian menurutnya hal ini perlu dukungan banyak pihak mulai dari Angkasa Pura terkait dengan tiket hingga Pemerintah Daerah. "Apakah nanti akan memberatkan ini yang harus diuji," kata Ervan. 

Diketahui, pembangunan LRT di Bali diusulkan untuk dibangun di bawah tanah dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, adanya aturan di Bali bahwa bangunan tidak boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa. Kedua, tidak dapat melakukan pelebaran jalan lantaran di Bali terdapat banyak pura. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×