kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI salurkan 1.300 paket bantuan untuk korban banjir di Jabodetabek


Jumat, 03 Januari 2020 / 20:01 WIB
BI salurkan 1.300 paket bantuan untuk korban banjir di Jabodetabek
ILUSTRASI. Warga menungsi di Halte Transjakarta Jembatan Baru, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktivitas di Jakarta dan sekitarnya sempat lumpuh akibat banjir. Menanggapi hal itu, Bank Indonesia (BI) pun mengulurkan tangan untuk membantu para masyarakat yang terkena banjir.

Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, BI menyalurkan 1.300 paket bantuan ke berbagai daerah yang terendam banjir, terutama yang terkena dampak paling besar seperti Kampung Melayu.

Baca Juga: Anies jalin kerjasama dengan pihak-pihak ini untuk atasi dampak banjir di Jakarta

"Juga daerah-daerah lainnya. Ini merupakan wujud kepedulian BI terhadap musibah yang menghampiri masyarakat kita," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Jumat (3/1).

Selain itu, dalam mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca, BI akan berkoordinasi dengan perbankan dan otoritas terkait untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran nontunai dan tunai.

BI juga mengklaim bahwa pasca Hari Raya Natal dan Tahun Baru serta kondisi pascabanjir, kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter tetap berjalan dengan normal.

Baca Juga: Menhub pastikan kereta api bandara dan KRL Duri-Tangerang beroperasi terbatas besok

Rangkaian kegiatan operasional yang dimaksud adalah layanan sistem pembayaran nontunai, yaitu dengan operasional sistem BI real time gross settlement (BI-RTGS) dan sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Selain itu, layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang rupiah layak edar, dan transaksi moneter rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), juga kegiatan operasinal Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×