kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI rilis indeks literasi ekonomi syariah untuk mengakselerasi ekonomi syariah


Senin, 30 Maret 2020 / 19:53 WIB
BI rilis indeks literasi ekonomi syariah untuk mengakselerasi ekonomi syariah
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah) didampingi Deputi Gubernur Senior Destry Damayanti (kiri), dan Deputi Gubernur Erwin Rijanto, memberikan keterangan pers mengenai langkah kebijakan untuk menjaga stabilitas moneter dan keuangan akibat dampak


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Indeks Literasi Ekonomi Syariah (Eksyar) pada hari ini, Senin (30/3).

Indeks ini merupakan salah satu indikator yang menunjukkan tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap Eksyar dan tingkat inklusi masyarakat terhadap layanan keuangan syariah, khususnya keuangan sosial syariah (ZISWAF).

"Ini sebagai salah satu wujud komitmen untuk mendorong pengembangan Eksyar di Indonesia dan indeks ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam merumuskan strategi yang tepat guna mengembangkan Eksyar di Indonesia," tulis bank sentral dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Mandiri Syariah siapkan program kebijakan untuk nasabah terdampak Covid-19

BI juga mengungkapkan bahwa Indeks Literasi Eksyar Nasional tahun 2019 tercatat mencapai 16,3% atau setara well literate dari skala 100%. Ini mencerminkan adanya ruang bagi upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang eksyar.

Indeks literasi Eksyar diperoleh lewat pelaksanaan survei literasi ekonomi eksyar skala nasional pada tahun lalu di 13 provinsi yang dianggap telah mewakili lebih dari 80% populasi umat musim di Indonesia dan melibatkan 3.312 responden.

Survei ini mencakup aspek pengetahuan prinsip dasar ekonomi syariah, keuangan sosial syariah, serta produk dan jasa halal.

Baca Juga: Penuhi aturan baru soal modal minimum, bank kecil siap tambah modal

Bank sentral pun mengaku hal ini mendapatkan sambutan hangat dari Islamic Development Bank (IsDB).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×