kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

BI luncurkan layanan chatbot LISA untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi


Rabu, 11 November 2020 / 10:04 WIB
BI luncurkan layanan chatbot LISA untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi
Layanan chatbot Layanan Informasi Bank Indonesia (LISA).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan chatbot Layanan Informasi Bank Indonesia (LISA) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger. Chatbot LISA ini merupakan layanan operasional robot dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan teks.

"Peluncuran chatbot LISA merupakan suatu bentuk terobosan baru/inovasi layanan informasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait BI," ujar Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono, dalam peluncuran chatbot LISA secara virtual.

Doni juga menyampaikan, ini merupakan salah satu bentuk komitmen bank sentral untuk memberikan layanan informasi. BI mengaku akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.

Chatbot LISA menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik Bank Indonesia, untuk saat ini terkait Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard (QRIS), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya.

Baca Juga: Mulai besok, Bank Indonesia buka kembali layanan penukaran uang

Layanan chatbot 24 jam selama setiap hari dapat diakses melalui Whatsapp Messenger pada nomor 081131131131 dan dengan menambahkan @bank_indonesia pada layanan Line Messenger. Sementara itu, layanan chatbot Facebook Messenger Bank Indonesia dapat diakses di luar jam operasional BICARA 131, pada Senin-Jumat di luar jam 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu selama 24 jam.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan juga penyerahan sertifikat perpanjangan ISO 9001:2015 standar internasional manajemen mutu oleh perusahaan penyedia layanan sistem sertifikasi, TUV SUD Indonesia, kepada pusat komunikasi (contact center) BICARA 131. Selama perjalanan tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, BICARA 131 terus menunjukkan konsistensinya untuk menjadi pusat komunikasi (contact center) yang memiliki bisnis proses berstandar internasional.

Baca Juga: Rupiah dibuka melemah 0,04% ke Rp 14.063 per dolar AS pada Rabu (11/11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×