kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45966,01   4,69   0.49%
  • EMAS934.000 0,54%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.05%

BI: Konsumen optimistis kondisi ekonomi akan membaik dalam 6 bulan ke depan


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 10:45 WIB
BI: Konsumen optimistis kondisi ekonomi akan membaik dalam 6 bulan ke depan

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan mengalami peningkatan pada September 2021.  Bank Indonesia (BI) mengatakan, ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi (IEK) Ekonomi September 2021 yang sebesar 118,2 atau naik dari 95,3 pada bulan sebelumnya. 

Tak hanya meningkat, IEK pada bulan Oktober 2021 ini bahkan berhasil kembali ke zona optimistis atau indeks di atas 100. 

“Konsumen memperkirakan ekspansi kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan akan membaik seiring dengan menurunnya penyebaran kasus Covid-19, di tengah peningkatan laju vaksinasi untuk mencapai herd immunity dan perluasan relaksasi mobilitas masyarakat,” ujar Kepala Grup Departemen Komunikasi Muhamad Nur dalam keterangannya, Jumat (8/10). 

Seluruh komponen IEK meningkat pada September 2021 dan berada pada level optimistis, seperti Indeks Ekspektasi Penghasilan dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha. 

Baca Juga: Hasil survei DRI catat keyakinan konsumen naik di bulan September 2021

Terperinci, pada September 2021, konsumen memperkirakan perkembangan kegiatan usaha ke depan akan membaik, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha sebesar 117,4, lebih tinggi dari 87,4 pada bulan sebelumnya. 

Peningkatan indeks terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp 5 juta per bulan. 

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang juga terpantau menguat sejalan dengan membaiknya ekspektasi terhadap kegiatan usaha. Indeks Ekspektasi Penghasilan tercatat sebesar 112,8 meningkat dari 107,3 pada bulan sebelumnya. 

Indeks terpantau menguat pada seluruh tingkat pengeluaran, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan. 

Baca Juga: PPKM makin longgar, keyakinan konsumen ikut meningkat

Sementara itu, Ekspektasi konsumen terhadap tersedianya lapangan kerja pada 6 bulan mendatang terpantau membaik setelah terpantau stagnan pada dua periode survei sebelumnya. 

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja pada September 2021 mencapai area optimistis, pada level 114,4. 

Selanjutnya: Konsumen pesimistis, pertumbuhan konsumsi rumah tangga kuartal III bisa tertahan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Sukses Presentasi: Membuat Konsep yang Sulit Jadi Mudah Dipahami Batch 3 Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 12

[X]
×