kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI dorong penciptaan nilai tambah produk UMKM


Rabu, 24 Maret 2021 / 20:59 WIB
BI dorong penciptaan nilai tambah produk UMKM
ILUSTRASI. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mendorong penciptaan nilai tambah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa mengikuti tren pasar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

“Tak hanya itu, UMKM juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan meraih peluang untuk ekspor produknya,” ujar Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti dalam Pagelaran Karya Kreatif Pesona Lombok Mendunia, Rabu (24/3). 

Destry juga mengatakan, bank sentral akan mendorong transformasi ragam karya UMKM Indonesia agar berkembang menjadi mahakarya dengan nilai tambah tinggi, lewat proses kurasi oleh ahli dan kolaborasi dengan desainer tanah air. 

Salah satu bentuk kolaborasi UMKM dengan desainer tanah air diwujudkan dalam acara tersebut, lewat pagelaran busana. 

Baca Juga: Simak upaya perbankan mendorong komposisi kredit UMKM

Kali ini, giliran UMKM binaan BI di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berkolaborasi dengan desainer terkemuka seperti Wignyo Rahadi yang menghasilkan karya Klaster Tenun Pringgasela. 

Kemudian, Linda Hamidy Grander dengan kain tentun Maringkik dengan karya kelompok BUnga Maringkik, Ferry Koencoro dengan kain tenun Sukarara karya Galang Songket, Maisy dengan kain tenun Kmebang Kerang karya Nyalakok Tentun, juga Danny dengan tenun ikat Tangke Bunga Sumbawa karya Tenun Karya Mandiri Moyo Mekar.

Karya-karya tersebut digelar di Mal Grand Indonesia mulai hari ini hingga 28 Maret 2021. Sebanyak 20 UMKM binaan BI terlibat. Selain UMKM penghasil kain, ada juga UMKM penghasil kopi dan teh, serta produk kriya khas Nusa Tenggara dan Bali. 

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para penggiat UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi agar terus menciptakan nilai tambah produk UMKM, baik dalam bentuk fashion, maupun kerajinan dan produk-produk bukan hanya artistik tetapi memiliki daya pakai tinggi. 

Selanjutnya: Kinerja emiten big cap sesuai ekspektasi, saham-saham apa saja yang menarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×