kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI ajak pemimpin daerah pahami kondisi makro ekonomi Indonesia


Rabu, 24 Oktober 2018 / 13:01 WIB
BI ajak pemimpin daerah pahami kondisi makro ekonomi Indonesia
ILUSTRASI. Logo Bank Indonesia (BI)


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mendukung langkah reformasi struktural yang dilakukan pemerintah dengan mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebagai salah satu wujud dukungannya, BI menggelar program Economic Leadership for Regional Government Leader Angkatan IV bagi para kepala daerah. Lewat progarm ini harapannya para pemimpin di daerah bisa memahami kondisi makro ekonomi Indonesia.

Sugeng, Deputi Gubernur BI menjelaskan ada tiga tantangan makro ekonomi yang tengah dihadapi Indonesia. "Pertama, menjaga stabilitas di tengah meningkatnya ketidakpastian global. Stabilitas perlu dijaga untuk keberlanjutan pertumbuhan ekonomi," ungkap Sugeng, Rabu (24/10).

Kedua, sinergi kebijakan untuk mendorong pertumbuhan. Sinergi kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural pemerintah perlu semakin diperkuat untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional tersebut baik sisi permintaan maupun sisi penawaran.

"Ketiga, bagaimana seluruh elemen bangsa membangun kapasitas nasional untuk pemanfaatan ekonomi dan keuangan digital," jelas Sugeng.

Melalui program ini diharapkan para pemimpin daerah dapat lebih mencermati berbagai permasalahan ekonomi daerah yang dihadapi, untuk menghasilkan berbagai kebijakan ekonomi daerah yang aplikatif.

Kebijakan tersebut dikaitkan dengan permasalahan pengendalian harga, menciptakan pertumbuhan, memperbaiki iklim investasi daerah guna menarik investasi masuk, menciptakan networking pimpinan di daerah sehingga terjadi koordinasi dan kolaborasi antar daerah, serta menciptakan pimpinan yang memiliki kompetensi untuk bersaing di era digital.

Acara ini antara lain diikuti oleh Pimpinan Lemhannas, Asosiasi Pemerintahan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Asosiasi DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan Bupati/Walikota dari berbagai wilayah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×