CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Bersiap! Puncak Gelombang Covid-19 dari Varian Omicron Sudah di Depan Mata


Kamis, 17 Februari 2022 / 04:10 WIB
Bersiap! Puncak Gelombang Covid-19 dari Varian Omicron Sudah di Depan Mata


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Puncak gelombang Covid-19 dari varian Omicron sudah di depan mata. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes (Kementerian Kesehatan), Siti Nadia Tarmizi.

Menurut Nadia, Indonesia sudah mendekati puncak gelombang ketiga Covid-19 yang disebabkan virus corona varian omicron. Dia mengemukakan, hal tersebut terlihat dari penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di DKI Jakarta dalam empat hari terakhir. 

Pihaknya juga memperkirakan,  dalam empat pekan ke depan lonjakan kasus Covid-19 akan terjadi di luar Jawa-Bali. 

"Kami perkirakan karena 60-70 persen kasus konfirmasi itu dari DKI dan DKI ada tren penurunan seluruh wilayah DKI, maka kemungkinan kita sudah mendekati puncak kasus omicron ini," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (16/2/2022). 

Baca Juga: Rekor Tertinggi Baru, Omicron Dominasi Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 98%

Meski demikian, Nadia meminta masyarakat tetap mewaspadai perkembangan kasus Covid-19. Sebab, pergerakan kasus Covid-19 bergantung pada kecepatan deteksi dini dan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan. 

"Jadi ini yang jadi catatan kita," ujarnya. 

Nadia melanjutkan, berdasarkan kajian ilmiah, daya penularan varian omicron lebih cepat dibandingkan delta dan memiliki mutasi yang lebih banyak. Oleh karenanya, masyarakat harus berperan dalam melindungi kelompok-kelompok rentan seperti mereka yang punya penyakit penyerta (komorbid), lansia, dan warga yang belum divaksinasi lengkap. 

Baca Juga: DKI Jakarta Catat Penurunan Kasus Covid-19 Dua Hari Terakhir, Begini Kata Kemenkes

"Seperti DKI sudah paling baik (cakupan vaksinasi), jadi terjadi proteksi bukan hanya kelompok rentan tapi penurunan yang cukup cepat dari sebelumnya," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Kita Mendekati Puncak Gelombang Covid-19 dari Varian Omicron"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Egidius Patnistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×