kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,96   -24,77   -2.57%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut Kualifikasi Proyek yang akan Didanai dari Penerbitan Blue Bond


Senin, 22 Mei 2023 / 19:56 WIB
 Berikut Kualifikasi Proyek yang akan Didanai dari Penerbitan Blue Bond
ILUSTRASI. Obligasi


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan empat jenis surat utang negara dalam denominasi yen Jepang bernama Samurai Bond.

Dua seri di antaranya merupakan Surat Utang Negara (SUN) yang merupakan obligasi biru alias blue bond. Indonesia sendiri menjadi negara pertama di dunia yang menerbitkan obligasi biru tersebut.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengatakan, pemerintah akan mengalokasikan seluruh dana hasil penerbitan Blue Bond ini untuk membiayai proyek-proyek yang masuk  kualifikasi Eligible Sustainable Development Goals (SDGs) Expenditures dalam SDGs Framework.

Sektor-sektor yang memenuhi syarat diseleksi melalui mekanisme Climate Budget Tagging untuk menandai belanja SDGs yang memenuhi syarat Green dan Blue Focus, antara lain kategori pengolahan limbah, dan perlindungan laut dan pesisir.

Baca Juga: Pemerintah Terbitkan SUN Blue Bonds dalam Yen Jepang Bertenor 7 Tahun dan 10 Tahun

“Selain itu, diperuntukan juga untuk pemulihan ekosistem dan keanekaragaman hayati, perikanan berkelanjutan, manajemen bencana dan pengurangan risiko, energi kelautan terbarukan dan ekowisata,” tutur Deni kepada kontan.co.id, Senin (22/5).

Menurut Deni, penerbitan perdana Blue Bonds ini kembali mempertegas kepemimpinan Indonesia dalam pembiayaan berkelanjutan atau sustainable financing di pasar global sebagai negara pertama di dunia yang menerbitkan blue bonds yang menggunakan standar International Capital Market Association (ICMA) principles.

Ke depan, Deni mengatakan Pemerintah akan terus berkomitmen dalam sustainable financing antara lain melalui thematic bond yaitu Green Sukuk, SDG Bond, dan Blue Bond.

“Terkait dengan potensi penerbitan thematic bond tentu akan disesuaikan dengan strategi pembiayaan utang, ketersediaan underlying projects-nya, dan potensi demand di market,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada 19 Mei 2023, Pemerintah sukses melakukan transaksi penerbitan SUN dalam valuta asing berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bond) sebesar JPY104,8 miliar.

Baca Juga: Oversubscribed 8,25 Kali, Green Bond Pertamina Geothermal (PGEO) Laris Manis

Pada penerbitan kali ini, Pemerintah juga sukses menerbitkan SUN Blue Bond untuk pertama kalinya berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bond) sebesar JPY 20,7 miliar dengan tenor 7 tahun dan 10 tahun, dengan yield/kupon masing-masing sebesar 1,20% dan 1,43%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×