kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bepergian atau Tidak, Disiplin Prokes Perlu Diterapkan Saat Libur Akhir Tahun


Kamis, 30 Desember 2021 / 04:45 WIB
Bepergian atau Tidak, Disiplin Prokes Perlu Diterapkan Saat Libur Akhir Tahun


Reporter: Kenia Intan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tempat wisata diizinkan beroperasi saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) /2/M-K/2021 tentang Aktivitas Usaha dan Destinasi Pariwisata pada Saat Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang diterbitkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dalam SE tersebut, pemerintah membolehkan tempat wisata, taman rekreasi, dan tempat hiburan lain yang memiliki manajemen pengelolaan untuk beroperasi selama perayaan Nataru. 

Momentum ini dimanfaatkan oleh analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Walau berbagai tempat wisata diizinkan dibuka, ia memutuskan untuk tidak berpergian jauh mengingat tidak adanya cuti bersama. Tempat wisata terbuka di dalam kota pun menjadi pilihan. 

"Meskipun ke lokasi wisata, kami cenderung memilih yang outdoor supaya lebih lega dan nyaman bagi anak-anak juga," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (29/12). 

Baca Juga: Kasus Omicron Bertambah 21 Orang, Menkes: Tolong Liburan Kali Ini di Dalam Negeri

Selain lokasi wisata yang terbuka, Herditya dan keluarga memilih jam kunjungan di luar kebiasaan pengunjung pada umumnya guna menghindari keramaian. 

Ia pun memastikan anggota keluarganya tetap menjalan protokol kesehatan (prokes) selama berpergian. Hal ini tidak menyulitkan, mengingat keluarganya telah terbiasa menerapkan prokes dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi Covid-19. 

Sementara itu, analis Phillip Sekuritas Helen memilih tidak berpergian saat Nataru. Selain berbagai lokasi yang menjadi lebih ramai, ia mempertimbangkan kasus varian Omicron yang terus bertambah. Senada, analis MNC Sekuritas Aqil Triyadi juga memutuskan tidak berpergian selama Nataru.

"Pasti saat Nataru akan ramai dan macet jadi lebih baik di rumah saja," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (29/12). 

Kendati tidak berpergian, Aqil mengaku tetap menjaga protokol saat keluar rumah untuk memenuhi keperluan sehari-hari selama Nataru. Sebisa mungkin ia menghindari kerumunan dan selalu membersihkan diri setelah sampai ke rumah seperti cuci tangan, kaki, dan muka. Bahkan, tidak jarang ia sekalian mandi supaya potensi membawa virus ke keluarga semakin minim.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 29 Desember: Tambah 194 Kasus Baru, Prokes Jangan Kendor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×